Jangan Remehkan SPT

324

MAGELANG—Tax Center Universitas Muhammadiyah (UM) Magelang bekerja sama dengan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Jawa Tengah II serta KPP Pratama Magelang mengadakan pelatihan bagi staf pengajar di perguruan tinggi tersebut.
Ketua Tax Center UM Magelang Retno Rusdjijati mengungkapkan, kegiatan tersebut dilakukan selama dua hari (3-4/3) dengan peserta berbeda dari 6 fakultas, lima biro, tiga lembaga, serta unit pelaksana teknis.
“Peserta dibagi menjadi dua kelompok agar lebih efektif dalam penyerapan materi,” ungkap Retno.
Dalam pelatihan tersebut, para peserta mendapat pemahaman tentang cara pengisian SPT tahunan untuk pelaporan pajak. Sofyan pemateri dari KPP Pratama Magelang menyampaikan wajib pajak melakukan self assesment atau menghitung sendiri pajaknya berdasarkan penghasilannya.
Ia menjelaskan bahwa SPT 1770 merupakan pelaporan pajak bagi pegawai yang memiliki penghasilan lain sebagai pengusaha. SPT 1770 S merupakan pelaporan pajak bagi pegawai yang memiliki penghasilan lebih dari Rp 60 juta setahun. Adapun SPT 1770 SS merupakan pelaporan pajak bagi pegawai yang memiliki penghasilan tidak lebih dari Rp 60 juta setahun.
Lebih lanjut Sofyan menyampaikan Kantor Pajak tidak menerima pembayaran, karena pembayaran hanya dilakukan di bank maupun Kantor Pos. Bagi mereka yang tidak menyampaikan SPT ada beberapa sanksi yang didapat, yakni berupa denda dan bunga, pidana karena alpa, dan pidana karena sengaja.
“Oleh sebab itu, jangan menyepelekan masalah SPT ini. Kantor KPP siap untuk membantu para wajib pajak yang mengalami kesulitan untuk membantu mengisi SPT,” tandasnya.
Dalam pelatihan tersebut masing-masing peserta juga mendapatkan CD E Filing yakni materi pengisian pajak secara online untuk memudahkan para peserta. (vie/lis)