Paripurna Tidak Kuorum

313

WONOSOBO—Tindakan tidak disiplin, kembali ditunjukan oleh anggota DPRD Wonosobo. Pasalnya dalam rapat paripurna kemarin (17/3) banyak anggota dewan yang tidak datang, akibatnya rapat tidak kuorum. Diduga, banyaknya anggota dewan yang bolos lantaran sibuk kampanye.
Padahal agenda rapat paripurna cukup penting. Karena sedianya membahas dua agenda yang menyangkut rakyat, di antaranya pelaporan hasil penyerapan aspirasi masyarakat pada reses DPRD masa sidang tahun 2014 dan jawaban pengusul atas pandangan umum fraksi terhadap empat rancangan peraturan daerah (raperda) inisiatif DPRD. Namun, karena jumlah anggota DPRD tidak mencapai separo, bahkan sampai diundur dua kali, tidak kuorum, sehingga urung digelar.
Pantauan korban ini, sedianya rapat paripurna dimulai pukul 09.00 , namun hingga pukul 11.00 belum bisa dimulai. Bahkan berkali-kali bel dibunyikan, namun jumlah orang yang datang tetap tidak memenuhi kuorum.
Wakil Ketua DPRD Heru Irianto yang memimpin rapat sempat menunda rapat hingga dua kali. Masing -masing diberi waktu 10 menit, agar anggota DPRD yang belum datang bisa segera datang. Namun hingga dua kali penundaan sekitar pukul 13.00 , tetap saja tidak ada yang datang.
Lantaran belum memenuhi kuorum, Heru kemudian menawarkan kepada anggota dewan yang hadir, untuk mengagendakan rapat paripurna pada hari yang berbeda. Hasilnya, diputuskan paripurna akan digelar pada Kamis mendatang. “Dari usulan, ada yang Selasa, Rabu dan Kamis. Maka diputuskan rapat paripurna digelar Kamis,” kata Heru sambil mengetuk palu.
Sementara itu, dari pantauan koran ini, jumlah anggota DPRD yang paling banyak tidak hadir dari PKB, dari 6 kursi yang dimiliki tak satu pun hadir. PKNU tidak ada yang hadir, kemudian PPP dari 5 kursi, tampak hanya 1 orang yang hadir. Sedangkan, Partai Demokrat dari 6 kursi hanya 2 orang, PAN dari 6 kursi hanya 3 orang, PDI P dari 12 kursi, dua orang tidak hadir sementara dari Golkar dari 6 kursi hanya 1 orang tidak hadir. (ali/lis)