Perpanjangan Rita Belum Diputuskan

339

WONOSOBO—Pemerintah Kabupaten Wonosobo, belum membuat keputusan terkait masa habis kontrak Rita Pasaraya dan sejumlah pedagang yang menempati Pasar Plaza. Pasalnya untuk memutuskan masa kontrak lanjutan, Pemkab masih akan berembuk dengan para pihak.
“Belum ada keputusan dari Pemkab, untuk menentukan perpanjangan masa kontrak Rita Pasaraya dan Pedagang di Pasar Plaza,” kata Wakil Bupati Wonosobo Maya Rosida kepada Radar Semarang, kemarin (17/3).
Maya mengatakan, Pemkab tidak mengulur waktu dalam memutuskan apakah kontrak Rita Pasaraya akan diperpanjang atau tidak. Namun, dalam mengambil keputusan ini, Pemkab membutuhkan masukan dari para pihak, agar keputusan yang diambil, bisa dipahami semua pihak.
“Sejumlah masukan dari para pihak terus kita gali, agar menemukan formula yang bisa diterima masyarakat luas,”katanya.
Maya mengatakan, kemarin (17/3) pihaknya bersama Sekda Wonosobo sudah melakukan pertemuan dengan pihak perwakilan Pasar Induk Wonosobo, perwakilan pedagang Pasar Plaza yang menempati lantai dua, serta perwakilan dari Rita Pasaraya.
“Dari hasil pertemuan ini, banyak masukan ke Pemkab,”katanya.
Maya mencontohkan, pedagang di lantai dua Pasar Plaza mengusulkan, agar kontrak mereka menempati Pasar Plaza diperpanjang. Namun, di satu sisi kalau Rita Pasaraya dipindah, sejumlah pedagang khawatir akan sepi pembeli. Karena keberadaan Rita, juga memberikan dampak keramaian untuk pedagang Pasar Plaza.
Sementara itu, menurut Maya, untuk perwakilan PPPIW memberikan toleransi kepada Rita Pasaraya untuk memperpanjang sementara waktu. Namun, Rita harus menyiapkan lokasi, serta membangun gedung di lokasi lain.
“ PPPIW memberikan tole­ransi, untuk pembatasan waktunya diserahkan kepada Pemkab,” katanya.
Dari hasil pertemuan itu, lanjut Maya, Pemkab pada Rabu (19/3) besok, akan mengundang kembali para pihak untuk menentukan masa perpanjangan kontrak Rita Pasaraya. Namun yang jelas bahwa Rita Pasaraya harus pindah dari lokasi yang sekarang digunakan.
“Namun, sambil menentukan lokasi baru, Rita tetap diberi kesempatan menempati lokasi yang sekarang. Nah, untuk keputusan berapa masa perpanjangannya, akan dibahas pada Rabu,” tandasnya. (ali/lis)