Tiang Listrik Timpa Mobil

340

MUNGKID—Angin puting beliung kembali melanda sebagian wilayah di Kabupaten Magelang. Sejumlah rumah di Kecamatan Candimulyo dan Sawangan rusak. Bahkan tiang listrik pun roboh dan menimpa sebuah mobil pikap di Dusun Bolong Kulon, Desa Tegalsari, Kecamatan Candimulyo.
Mobil pikap pengangkut kayu bernomor polisi AA 1686 MK yang dikemudikan Sumarno, 32, itu sedang melintas saat hujan lebat disertai angin. Begitu sampai di Dusun Bolong Kulon tiba-tiba laju dihentikan tiang listrik yang ambruk.
Akibat ambruknya tiang listrik, aliran listrik yang mengaliri rumah ratusan kepala keluarga di Desa Trenten dan Desa Tegalsari terputus hingga kemarin malam.
”Pas melintas memang agak hujan dan kondisi gelap karena mendung. Angin tiba-tiba datang dan merobohkan listrik,” katanya. Dia merasa beruntung karena yang tertimpa adalah bagian bak belakang mobil. ”Untung tidak di bagian depan,” katanya.
Dia mengaku sangat takut lantaran saat kejadian mobil yang mengangkut puluhan batang pohon sengon tersebut sempat sedikit terangkat. Khawatir tersengat aliran listrik, dia dan M Saefudin, kernet mobil tersebut, langsung melarikan diri ke pepohonan pisang di dekat mobil.
”Kami sangat takut karena yang menimpa mobil adalah tiang listrik. Mesin lalu saya matikan dan kami bersembunyi di dekat pohon pisang,” ucapnya.
Sementara itu, Kepala Dusun Tegalsari Riyadi mengatakan, ambruknya tiang listrik berawal dari tumbangnya pohon se­ngon berukuran besar di wilayah tersebut. Pohon tersebut lantas menimpa jaringan kabel listrik dan membuat tiang ambruk.
“Akibat ambruknya tiang listrik ini, aliran listrik untuk ratusan kepala keluarga di beberapa dusun lain juga ikut terputus. Kami berharap PLN bisa secepatnya menyelesaikan masalah ini,” kata Riyadi.
Sementara itu, tiang listrik juga ambruk di Dusun Dukoh, Desa Trenten, kemarin sore. Hingga kemarin malam, listrik di dua desa tersebut padam. Sementara, terlihat petugas dari PLN memperbaiki jaringan listrik di dua wilayah tersebut.
Di Jalur Blabak-Sawangan se­buah pohon besar juga dilaporkan tumbang. Pohon melintang di atas jalaan raya dan mengakibatkan arus lalu lintas tersendat. (vie/lis)