Dua Polisi Sembilan TPS

276

MUNGKID—Jumlah personel kepolisian yang belum ideal membuat pola pengamanan harus dimaksimalkan dengan melibatkan unsur lainnya. Diantaranya TNI dan Linmas.
”Pola pengamanannya dua polisi mengamankan 9 TPS dibantu 18 linmas. Kami sudah melakukan upaya antisipasi kerawanan. Menjelang dan pascapemungutan suara kami melakukan deteksi intelijen dan penegakan hukum,” kata Kapolres Magelang AKBP Murbani Budi Pitono, usai apel pergeseran personel Polres Magelang dan penerimaan linmas dalam rangka pengamanan Pemilu, kemarin.
Pihaknya menerjunkan seba­nyak 881 personel polisi selama pelaksanaan pemilu. Dari jumlah itu sebanyak 632 personel Polri bertugas langsung melakukan pengamanan Pemilu sementara 249 personel khusus situasi kontigensi. Dijelaskan 632 polisi dengan dibantu 6.685 anggota linmas akan mengamankan tahapan pemilu. Pemilu legislatif di Kabupaten Magelang akan diikuti 953.965 pemilih yang akan mencoblos di 3.340 TPS.
”Untuk para anggota linmas sudah diberikan pelatihan melalui polsek masing-masing,” kata dia.
Pihaknya juga menggelar operasi cipta kondisi untuk mendukung kesuksesan pemilu.
Operasi ini dilakukan dengan menggelar patroli, razia miras dan senjata api
Sementara itu, Bupati Magelang Zaenal Arifin memastikan penyelenggaraan pemilu di Kecamatan Windusari tetap berjalan sesuai jadwal. Ia berharap Pemilu akan berjalan lancar, dan aman.
”Apapun yang terjadi pemilu tidak boleh terhambat. Anggaran untuk Kecamatan Windusari sudah ditangani. Ada dana talangan,” kata bupati. Zaenal mengaku bersama kapolres sudah melakukan pengecekan ke KPU dan dilanjutkan safari ke daerah untuk memeriksa persiapan pemilu.
Ketua KPU Kabupaten Mage­lang Afiffudin menambahkan operasional pemilu di Kecamatan Windusari akan menggunakan dana yang belum sempat dicairkan. Adapun untuk honor penyelenggara pemilu agar diberikan pemungutan suara. (vie/lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.