Simpan Sabu di Jaket, Pecandu Ditangkap

306

MAGELANG—Jajaran Satuan Narkoba Polres Magelang Kota berhasil menangkap dua pecandu sabu-sabu di wilayah hukumnya. Keduanya pernah ditangkap karena kasus serupa.
Dua tersangka itu adalah Kambali alias Jambul, 28 warga Karangkidul, Rejowinangun Selatan, dan Solehudin, 32, warga Karanggading, Rejowinangun Selatan, Magelang Selatan.
”Keduanya masih dalam satu rangkaian peredaran sabu-sabu ada perantara dan pembeli,” kata Kapolres Magelang AKBP Tommy Aria melalui Kasubag Hums AKP Murjito, kemarin.
Terbongkarnya kasus ini, katanya bermula dari laporan masyarakat. Setelah ditindak lanjuti, polisi berhasil menangkap Jambul berikut sabu-sabu yang ditaruh di jaketnya.
Dari penggeledahan ini, polisi berhasil me­nemukan narkoba jenis sabu dalam jaketnya. Tersangka pun langsung digelandang ke Mapolres Magelang Kota.
Usut punya usut, Jambul men­dapatkan barang haram itu dari Solehudin yang mengambilnya di wilayah Sleman, Jogjakarta. Kemudian, sabu seharga Rp 600 ribu ini dijual kepada Jambul untuk dikonsumsi.
”Setelah menangkap tersangka Jambul, kami lakukan pengembangan dan berhasil meng­amankan tersangka Solehudin di rumahnya, pada waktu yang hampir bersamaan,” ujar Murjito.
Dari tangan tersangka, polisi berhasil mengamankan barang bukti di antaranya, uang Rp750 ribu, dua handphone dan alat untuk mengonsumsi sabu tersebut.
Tersangka, kata dia, juga pernah berurusan dengan polisi dalam kasus yang sama. Kali ini mereka harus mendekam kembali di sel tahanan, untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.
Keduanya akan dijerat pasal 112 ayat 1 dan atau pasal 127 ayat 1 huruf a tentang narkotika dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara,” jelas dia. Hingga kini kedua tersangka masih menjadi tahanan, untuk kemudian berkas dan dokumen akan diserahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Magelang untuk disidangkan. (vie/lis)