Fasilitas Pikatan Tak Terawat

422

TEMANGGUNG–Destinasi wisata milik Pemkab Temanggung, Pikatan Water Park (PWA) yang dikelola PD Bhumi Phala Wisata memiliki pucuk pimpinan baru setelah direktur lama purnatugas. Raharja Tri Kamuda didaulat menggantikan Arnold Diosdad untuk menjadi pucuk pimpinan tempat wisata yang pernah menjadi pemandian era Mataram Hindu ini.
“Berbagai fasilitas berupa permainan anak dan kolam renang sudah tersedia di Pikatan Water Park, namun terkadang tidak dipelihara dengan baik. Karenanya, semua fasilitas yang ada Pikatan Water Park jangan sampai kotor agar pengunjung lebih nyaman,” kata Bupati Temanggung, Bambang Sukarno usai melantik Direktur PD Bumi Phala Wisata Temanggung, Senin (5/5) di Pendopo Jenar.
Ia mencontohkan, ada fasilitas yang tak terpelihara seperti slot hilang dan WC tampak kotor. Selain itu tak jarang loket dibuka pukul 8.00 padahal warga Temanggung yang ingin berenang (rekreasi) kerap kali sudah mulai datang pukul 6.00 ataupun 07.00 pagi.  “Ini justru pengalaman saya pribadi saat akan berekreasi pagi Pikatan belum dibuka. Dengan manajemen baru ini, diharapkan Pikatan juga akan lebih baik. Jumlah pengunjung lokal dan luar daerah lebih banyak lagi,” terangnya.
Bambang menambahkan, untuk mencari prestasi atlet bidang loncat indah, Pikatan Water Park dalam waktu dekat akan dibangun papan loncat indah.”Temanggung pernah melahirkan atlet renang tingkat nasional, bahkan regional. Sekarang diharapkan akan muncul peloncat indah yang handal dan berbicara di even nasional dari daerah ini,” paparnya.
Tetapi, katanya, pengembangan Pikatan itu tidak akan terjadi apabila tidak diberikan anggaran  dewan. Karenanya, pihaknya juga meminta agar dewan menyetujui anggaran yang diusulkan oleh Pemkab untuk pengembangan kepariwisataan di Temanggung, khususnya Pikatan Water Park.
Direktur PD Bumi Phala Wisata yang baru dilantik ini, Raharja Tri Kamuda berasal dari Bantul, Jogjakarta. Ia memangku jabatan direktur PD Bumi Phala Wisata selama 4 tahun. Seperti diketahui, menjelang liburan sekolah dan bulan Ramadan biasanya Pikatan akan ramai dikunjungi warga. Pikatan Water Park yang pada hari  biasa hanya dikunjungi 700 – 1000 orang, pada hari libur maupun momen “padhusan”  menjelang puasa Ramadan, bisa  tembus 14.000 orang.(zah/lis)