Rusak, Jalan Beton Mranggen

266

DEMAK — Jalan beton ruas Onggorawe-Mranggen mulai rusak parah. Padahal, sesuai rencana semula, usia jalan beton itu bisa mencapai 10 tahun.
Ironisnya, kini, jalan tersebut sudah mulai rusak dan patah-patah. Kerusakan tampak di beberapa titik. Termasuk, di wilayah Desa Waru dan Ngemplak.
Kerusakan di jalur alternatif tersebut cukup panjang, sehingga mulai mengganggu arus lalu lintas. Kendaraan bermotor, kerap terjebak jalan beton yang berlubang hingga terlihat besinya. Pun, saat melewati jalur rusak, kendaraan tak bisa leluasa bermanuver.
Selain di ruas tersebut, kerusakan jalan beton juga terjadi di jalur Merak-Karanganyar. Ada beberapa titik kerusakan.
Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan, Pertambangan dan Energi (DPUPPE), Budi Harsono mengatakan, untuk memperbaiki jalan beton yang sudah rusak, pihaknya akan menutupi dengan aspal. Kendati demikian, saat ini belum bisa dilakukan. Sebab, masih dalam proses lelang. ”Sementara ini untuk beton rusak dilakukan pemeliharaan. Rencananya akan diaspal. Ke depan, jika memungkinkan, dibeton lagi, utamanya yang sudah rusak.”
Dikatakan, kerusakan jalan beton ruas Mranggen-Onggorawe, salah satunya, akibat beban jalan yang tak kuat menahan truk material yang kerap melalui jalur tersebut. Selain itu, tanah dasar di bawah beton juga tidak kuat atau labil. (hib/isk/ce1)