Dirikan AKN, Siapkan Lahan 10 Hektare

314

DEMAK-Pemkab Demak telah menyiapkan lahan seluas 10 hektare untuk perluasan dan pembangunan gedung baru Akademi Komunitas Negara (AKN). Dari jumlah itu, 8,4 hektare berada di depan SMKN 2 Demak, Kelurahan Mangunjiwan dan 1,6 hektare menempati eks gedung SKB (sanggar) di Desa Katonsari, Demak Kota.
Anggota tim pendiri AKN Demak, Hadi Waluyo mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya sebelum AKN dioperasionalkan. “AKN Demak ini baru saja menjalani penilaian atau visitasi. Mudah-mudahan bisa dibuka segera,” katanya.
Menurutnya, AKN Demak harus bersaing dengan 47 AKN dari daerah lain yang diseleksi Dirjen Dikti. “Dari jumlah tersebut, sementara ini yang dioperasionalkan sekitar 10 AKN dulu. Kita berharap, Demak dapat masuk dari sepuluh tersebut,” katanya.
Secara nasional, kata dia, pemerintah menargetkan mendirikan sebanyak 90 AKN di seluruh Indonesia hingga 2030 mendatang. Untuk mengembangkan AKN itu, pemerintah telah menugaskan tim dari UGM Jogjakarta sebagai pengampu. “Kami tinggal tunggu hasil visitasi tersebut,” katanya.
Dia menambahkan, bila AKN telah mulai operasional, maka akan diberikan beasiswa bagi 850 mahasiswa. Tahun pertama 250 mahasiswa, tahun kedua 350 mahasiswa dan tahun ketiga 250 mahasiswa. (hib/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.