Wali Kota Gadungan Peras Rp 35 Juta

309

SALATIGA—Sindu Prasastyo, 35, alias Ayok warga Tetep Gambir RT 05 RW 04, Kelurahan Randuacir, Kecamatan Argomulyo, Salatiga, Rabu (30/4) lalu nyaris menjadi korban penipuan. Ia mendapatkan telepon dari lelaki yang mengaku sebagai wali kota Salatiga.
Sindu menuturkan, wali kota gadungan itu meminta uang Rp 35 juta usai usaha daur ulang ban truk yang dijadikan tas, dompet, gelang maupun aksesori wanita miliknya ditayangkan sebuah stasiun televisi swasta. “Dalam telepon tersebut, lelaki itu menawarkan akan membantu dalam pencairan bantuan dana, pendampingan, pengurusan perizinan usaha maupun mencarikan investor,” terang Sindu.
Uang pelicin yang diminta sebesar Rp 35 juta dan minta ditransfer ke rekening BRI atas nama Riyanti Pratiwi, dengan nomor rekening 0230-01-039840-509. Lelaki itu menelepon melalui nomor 081296704433.
Namun, saat diajak bertemu dan uang akan diserahkan langsung, lelaki itu menolaknya. Bahkan, mendesak untuk ditransferkan saja. Selain itu, lelaki tersebut juga menjanjikan sejumlah proyek yang dapat dikerjakan tanpa banyak proses yang bertele-tele.
Terpisah, Wali Kota Salatiga Yuliyanto saat dikonfirmasi masalah ini mengaku tidak kaget. Pasalnya namanya sering dicatut orang untuk meminta uang ataupun menjanjikan proyek atau lainnya. Bahkan, ia juga mengimbau kepada pengusaha atau masyarakat Salatiga jika menerima telepon agar tidak mudah percaya. Jika perlu dicatat nomor teleponnya, nama serta alamatnya. (sas/ton)