Bumi Perkemahan Diperluas 1 Hektare

488

KAJEN-Lahan bumi perkemahan diperluas menjadi 1 hektare di Dusun Sirukun, Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. Lahan tersebut akan digunakan 300 pemuda-pemudi, yang terdiri atas OSIS, BEM, Pramuka dan Ormas, dalam Jambore Pemuda Tingkat Kabupaten Pekalongan pada 9–11 Mei mendatang.
“Lahan baru ini merupakan perluasan dari rintisan lapangan dan bumi perkemahan, yang telah ada sebelumnya di Desa Lolong. Rencananya, lahan baru tersebut, akan digunakan untuk kegiatan wisata alam di Desa Lolong yang sudah terkenal dengan wisata arum jeramnya,” kata Kaur Pembangunan, Desa Lolong, Solahudin.
Menurutnya, dengan dibukanya lahan baru tersebut, maka kesan Desa Lolong yang akses jalannya sempit akan terhapus. ”Dengan adanya bumi perkemahan baru di Desa Lolong, akan berdampak pada peningkatan ekonomi desa,” ungkap Solahudin.
Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata, Kabupaten Pekalongan, Siswanto, menjelaskan bahwa kegiatan Jambore Pemuda di Desa Lolong untuk meningkatkan daya tarik wisata desa tersebut. ”Rencana lahan baru tersebut untuk kegiatan olahraga, outbond dan workshop. Disamping itu, untuk pentas seni budaya,” jelas Siswanto.
Sementara itu, Sekretaris Penyelenggara Jambore Pemuda, Rachmawati, mengatakan bahwa lahan baru seluas 1 hektare yang akan digunakan untuk Kemah Bhakti tersebut merupakan milik Pemerintah Desa Lolong. “Karena itu, kami membuat rencana penyelenggaraan jambore di Desa Lolong, untuk membantu terwujudnya lapangan bumi perkemahan sekaligus menunjang destinasi wisata Kabalong,” jelas Racmawati.(thd/ida)