Kadilangu Dipadati Pengunjung

285

DEMAK-Dua bulan menjelang Ramadan, ribuan peziarah mulai memadati kawasan wisata religi Kadilangu, Demak Kota. Puluhan bus terus berdatangan setiap hari. Dalam catatan petugas pos Kadilangu, setidaknya 50 bus pada hari-hari biasa serta bisa mencapai 100 bus saat hari Sabtu dan Minggu.
Karena itu, ada sekitar 2.500 hingga 5 ribu peziarah yang berkunjung ke Makam Sunan Kalijaga setiap hari. Sebab, ada pula yang datang dengan mobil pribadi.
Petugas pos, Imam Kusmanto mengatakan, banyaknya bus yang datang di area parkir Kadilangu tidak bisa memuat kendaraan para peziarah. Kendaraan akhirnya meluber hingga jalan raya, utamanya dalam kondisi ramai. “Parkir bisa sulit diatur,” ujarnya, kemarin.
Menurutnya, pernah ada 26 bus satu rombongan berziarah ke Kadilangu dalam waktu bersamaan. Mereka peziarah dari Watucongol, Magelang. Praktis, area parkir menjadi sesak karena bersamaan dengan bus-bus peziarah dari daerah lainnya. “Ada juga 13 bus satu rombongan datang bersamaan. Untuk mengatur parkirnya sempat kewalahan,” jelasnya.
Dia menambahkan, para peziarah datang dari wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta maupun daerah sekitar Demak. Setiap bus yang datang ditarik retribusi sesuai jumlah penumpangnya. Besaran retribusi antara Rp 50 ribu hingga Rp 61 ribu.
“Itu sudah termasuk parkir dan kebersihan,” ujar Imam. Hasil retribusi tersebut kemudian dimasukkan ke kas daerah. Tiap hari setor ke kas daerah.(hib/ida)