Berorganisasi sejak Kecil

344

NIKEN Dwi Hapsari baru saja terpilih menjadi mahasiswa berprestasi (mawapres) Universitas Diponegoro (Undip) 2014. Niken –sapaannya– adalah wakil dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip). “Aku nggak nyangka banget bisa jadi juara I, padahal saingannya berat-berat,” ucap mahasiswi DIII jurusan hubungan masyarakat (humas) Fisip Undip ini kepada Radar Semarang.
Gadis asal Kendal ini mengaku sejak kecil sudah aktif berorganisasi. Bahkan, saat kecil ia kerap hilang, karena saking aktifnya mengurusi organisasi. ”Aku sering jalan ke sana-kemari. Pernah hilang, tapi ketemu lagi,” kenangnya sambil tersenyum.
Di sela kuliah, Niken aktif di Himpunan Mahasiswa Program Studi Hubungan Masyarakat (HMPS Humas) Undip. Ia juga pernah mengikuti exchange ke Polandia selama 6 minggu pada semester 1. Saat ini, Niken juga menjabat Ketua Perhumas Muda Semarang.
Praktis, Niken harus pandai membagi waktu antara berorganisasi dan kuliah. “Caranya ya dengan membuat prioritas kegiatan mana yang harus dikerjakan lebih dulu. Selain itu, setiap mengerjakan sesuatu harus ikhlas apapun kejadiannya. Itu sudah menjadi konsekuensi yang harus aku lakukan,” tegas gadis yang bercita-cita menjadi dosen ini.
Konsekuensi lainnya dari kesibukannya itu, Niken harus menjaga kondisi fisiknya. Mahasiswi yang kos di Jalan Klentengsari, Tembalang ini harus mengatur pola makan dan tidur yang teratur. Niken beruntung karena semua yang dilakukan mendapat dukungan penuh dari kedua orangtuanya, pasangan Wahyudi dan Setyastuti.
“Selagi kegiatan yang aku lakukan positif dan berguna, orangtuaku selalu mendukung. Komunikasi dengan orangtua sangat penting dan harus tetap lancar. Sebab, setinggi apapun kita nanti, kita rendahkanlah hati untuk orangtua kita sampai kapanpun dan di manapun,” ujar bungsu dari dua bersaudara ini. (mg13/aro)