Katarak Mengakibatkan Kebutaan

291

PETOMPON–Katarak merupakan gangguan penglihatan disebabkan lensa mata keruh. Sehingga cahaya yang masuk ke mata tidak bisa diterima oleh retina dengan sempurna. Karena itu, orang yang menderita katarak memiliki penglihatan buram dan kabur. Jika tidak dirawat maka akan mengakibatkan kebutaan. Hal tersebut diungkapkan Humas RSU William Booth Semarang Agnes Lupi Damayanti S.Kep saat menggelar kegiatan operasi katarak masal di RS setempat, Sabtu (10/5). Sebanyak 50 peserta mendapatkan pelayanan gratis dari kegiatan yang diselengarakan bekerja sama dengan komunitas Minna Gonghui dan Perdami Jawa Tengah.
Menurut Agnes, salah satu cara mengobati katarak adalah dengan cara operasi. Yakni, dengan mengeluarkan lensa mata yang keruh, kemudian menggantinya dengan lensa buatan. Kegiatan seperti ini harus rutin dilakukan 2-3 kali setiap tahun. Tujuannya, untuk membantu masyarakat penderita katarak yang membutuhkan. “Tidak hanya bagi warga Semarang, tetapi juga diikuti luar Semarang. Rencananya nanti Agustus akan digelar kegiatan serupa,” katanya.
Abdul latif, 33, warga Sekayu Semarang yang menderita katarak sejak dua tahun lalu mengaku terbantu dengan kegiatan seperti ini. Sebab, berbagai upaya telah dilakukan untuk mengobati penyakitnya tersebut. “Katanya dulu penyebabnya kena sinar matahari dan kebanyakan merokok,” ungkapnya. (fai/aro)