Selama 3 Hari, Gombel Satu Arah

363



BARUSARI — Mulai hari ini (13/5) uji coba rekayasa lalu lintas di Jalan Setiabudi, tepatnya tanjakan Gombel Baru akan dimulai. Uji coba akan berlangsung 3 hari hingga Kamis (15/5).
”Gombel adalah salah satu titik kemacetan di Semarang. Nanti selama tiga hari akan kami lakukan percobaan rekayasa lalu lintas, yaitu dengan memberlakukan jalur searah di tanjakan Gombel,” kata Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Djihartono Senin (12/5).

Dipaparkannya, usai uji coba selama 3 hari, hasilnya akan dievaluasi secara menyeluruh. Jika hasilnya positif bisa mengurai kemacetan, maka pemberlakuan satu arah akan dilanjutkan. ”Kalau negatif, maka kami akan coba lagi dalam tiga hari berikutnya dan juga mencari alternatif lain. Jangka waktunya dalam satu bulan ini. Kami juga akan koordinasikan dengan pemkot terkait hal ini,” paparnya.

Rekayasa lalu lintas dilakukan bukan saat jam kerja, melainkan waktu-waktu sebelum atau sesudah kerja. Saat-saat inilah biasanya kawasan Jatingaleh hingga Gombel macet karena banyaknya masyarakat yang akan berangkat beraktivitas atau pulang ke rumah.
”Tidak 24 jam, hanya jam-jam tertentu saja. Kami juga tempatkan petugas di lokasi, terutama di jalur yang dari atas (Banyumanik),” ungkapnya. (har/jpnn/ton/ce1)