Bayar BPJS Ketenagakerjaan Kian Mudah

335

SEMARANG — Pembayaran iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kini semakin mudah. Pasalnya, kini penyediaan pelayanan pembayaran menggunakan konsep self-service untuk peserta.
”Setiap tahun, kami selalu memperbaharui sistem pembayaran, sebagai upaya penambahan payment point untuk peserta,” jelas Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Semarang 2, Hj Helmi Setiani SE MM saat ditemui Radar Semarang di sela acara sosialisasi EPS (E-Payment System) dan tertib administrasi bagi perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan, di Hotel Muria kemarin.
Karena itulah, katanya, peserta tak perlu bersusah payah datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk melakukan pembayaran iuran. Namun cukup dengan memanfaatkan program account e-Payment.
”Dengan account e-Payment ini, pembayaran iuran dapat dilakukan melalui email. Selain itu, pembayaran iuran 3 program BPJS Ketenagakerjaan tidak lagi dilakukan bersama, sehingga memungkinkan subsidi silang. Namun dengan account e-Payment maka pembayaran 3 program BPJS Ketenagakerjaan yaitu Kecelakaan Kerja, Kematian, dan Jaminan Hari Tua akan dibayar secara terpisah-pisah,” ungkapnya.
Pembayaran dapat dilakukan melalui 4 bank yang sudah bekerja sama yaitu Bank Mandiri, BNI, BRI dan Bank Bukopin. Untuk pemanfaatan pembayaran iuran dengan account e-Payment ini, sudah harus dilakukan semua perusahaan pada Juni mendatang.
Sedangkan untuk jumlah perusahaan di wilayah Cabang Semarang 2 BPJS Ketenagakerjaan, meliputi Demak, Semarang Utara dan sebagian Semarang. Tahun 2014 ini, mengalami penambahan jumlah perusahaan sebanyak 52 perusahaan dan 15.450 tenaga kerja. (eny/ida/ce1)