Cari Senpi, Gencarkan Razia

334

DEMAK — Polres Demak menggencarkan razia kendaraan pada malam hari di jalan raya. Operasi khusus yang dilaksanakan antara pukul 00.30 hingga pukul 02.00, antara lain, dilakukan di pertigaan jalan Kampung Bogorame, Kelurahan Mangunjiwan, Kecamatan Demak Kota.  
Di jalur menuju Kota Demak itu, polisi menghentikan setiap kendaraan, baik mobil pribadi maupun sepeda motor. Sasarannya, pemilik senpi dan senjata tajam  (sajam).
Kasubag Humas Polres Demak AKP Sutomo mewakili Kapolres AKBP Raden Setijo Nugroho mengatakan, razia digelar untuk mengantisipasi maraknya pencurian kendaraan bermotor (curanmor).
Sebab, kata dia, akhir-akhir ini tindak kejahatan curanmor terus meningkat. Tidak hanya motor yang hilang. Namun, kendaraan seperti truk dan mobil juga kerap raib saat diparkir di lingkungan rumah.
”Curanmor cukup tinggi. Kasus curanmor ini rata-rata bisa mencapai 7 kejadian per bulan,” terang AKP Sutomo, kemarin.  
Sutomo mengatakan, pelaku curanmor ada pula yang menggunakan mobil dalam beraksi. Karena itu, mobil tetap menjadi prioritas untuk diperiksa. 
”Kita lakukan pengecekan satu per satu penumpang. Kita juga lihat KTP atau kartu identitas mereka,” katanya.
Untuk menggelar operasi di jalanan, pihaknya menerjunkan 25 personel. Dia menambahkan, dalam operasi di Kampung Bogorame, polisi tidak menemukan senpi maupun sajam.
”Kita hanya melihat adanya pelanggaran pengendara sepeda motor yang tidak melengkapi dengan surat-surat penting (STNK). Sebetulnya, itu bukan sasaran kita. Namun, karena ada pelanggaran lalu lintas kendaraan yang melanggar langsung ditilang,” ujarnya. (hib/isk/ce1)