Dukung Industri Kreatif dan Pertumbuhan Pariwisata

284

Pendirian Galeri Komunitas di Desa Karanganyar Kecamatan Borobudur

Untuk mempromosikan potensi Indonesia, pemerintah membangun sejumlah Rumah Indonesia di dalam maupun luar negeri. Sampai saat ini sudah didirikan 100 rumah.

Pemerintah Republik Indonesia akan terus melakukan pengembangan rumah di Indonesia di sejumlah negara. Tujuannya tak lain untuk mempromosikan potensi negara.       
“Baik seni budaya lokal, tempat wisata, kerajinan dan lain sebagainya. Untuk saat ini, sudah ada lebih dari 100 rumah yang kami dirikan. Tidak hanya di Indonesia, tapi juga di beberapa negara yang memiliki hubungan baik dan strategis dengan Indonesia. Di antaranya Jepang, India, Perancis, China dan lainnya,” kata Wamen Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Prof Wiendu Nuryanti, usai peresmian Galeri Komunitas di Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur Kabupaten Magelang, kemarin.       
Galeri ini, sejatinya juga mirip dengan Rumah Indonesia. Pendirian ini, mendapat dukungan dari Pemerintah Australia, UNESCO dengan Pemerintah Indonesia, Pemkab Magelang dan masyarakat setempat. Salah satu tujuannya, untuk mendukung industri kreatif lokal dan pertumbuhan pariwisata berkelanjutan di sekeliling Candi Borobudur.       
Menurut Menteri Kerjasama Bidang Pembangunan, Departemen Hubungan Luar Negeri dan Perdagangan, Kedutaan Besar Australia, Mr James Gilling mengatakan, bantuan ini diharapkan membantu peningkatan jumlah lapangan pekerjaan di tingkat lokal. Sehingga pendapatan di bidang kepariwisataan meningkat.
“Di galeri nanti, kami harapkan ada beberapa kegiatan masyarakat yang dapat ditampilkan untuk para wisatawan. Seperti pelatihan beberapa produksi kerajinan berkualitas tinggi dari wilayah Borobudur. Terpenting, kami ingin pendapatan masyarakat meningkat dengan adanya galeri ini,” imbuhnya.       
Dalam kesempatan itu juga disampaikan penghargaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, kepada puluhan perwakilan dari sejumlah kelompok organisasi, LSM, seniman, TNI, kepolisian, BUMD, perusahaan swasta maupun BUMN.       
Penghargaan diberikan atas prestasinya ikut merawat, menjaga dan melestarikan Candi Borobudur. Penghargaan diberikan langsung oleh Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Prof Wiendu Nuryanti saat meresmikan galeri komunitas kemarin.
“Kami bangga atas peran serta masyarakat dalam merawat, menjaga dan melestarikan salah satu peninggalan nenek woyang kita yakni Candi Borobudur, saat erupsi Gunung Merapi dan Kelud kemarin. Semoga ini memotivasi semua pihak terutama generasi muda,” kata Prof Wiendu.
Beberapa kelompok  yang diberikan penghargaan tadi, tidak hanya berasal dari masyarakat umum, tapi juga pemerintah. Hotel Grand Artos Aerowisata, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta, UGM, Sekolah Tinggi Agama Budha, Hotel Manohara, PT TWCB, Kodim 0705 Magelang, Kepolisian Resort Magelang dan lainnya. (vie/lis)