Kader Siaga Bantu Tugas Satpol

287

MUNGKID – Sebanyak 135 personel kader siaga tramtib (KST) dikukuhkan oleh Bupati Magelang yang diwakili oleh Asisten Satu Bidang Pemerintahan Eko Triyono di pendopo rumah dinas Bupati Magelang kemarin (13/5).
Kader siaga tramtib (KST) merupakan bagian dari warga masyarakat yang memiliki kesadaran dan tanggung jawab terhadap ketertiban umum serta ketrentaman masyarakat.
Kader ini  dibentuk untuk membantu tugas satuan Polisi Pamong Praja dalam menjalankan tugasnya mengamankan berjalannya peraturan daerah dan ketertiban umum. Sebab, Satpol PP memiliki keterbatasan jumlah personel.
Oleh  karenanya menjadi tugas semua elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam membantu menegakkan perda agar dapa merlaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal.
Bupati Zaenal Arifin dalam sambutannya mengatakan pengukuhan merupakan awal pengabdian  untuk mengapresiasikan diri dalam membantu menyelesaikan masalah masalah ketertiban umum dan ketrentaman masyarakat.
Selain itu menegakkan peraturan daerah melalui teknis deteksi dini dan lapor cepat secara berjenjang. Yakni dengan mengoptimalkan segala potensi yang ada. Sehingga dapat membantu mewujudkan keamanan, ketertiban dan ketentraman lingkungan dan masyarakat.
Sementara Kepala Satpol PP Provinsi JawaTengah  Ari Ferwanto yang hadir pada kesempatan itu menyampaikan tingkat kompleksitas keamanan dan ketertiban masyarakat makin tinggi. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebebasan pasar, kebebasan mengakses informasi serta masalah social ekonomi.
Masih banyaknya peredaran narkoba dan minuman keras memicu timbulnya kerawanan kamtibmas. Perselisihan batas tanah juga penempatan lahan orang juga menjadi persoalan yang perlu pemecahan bersama.Untuk itulah Satpol PP bersama sama KST turun bersinergi di tengah tengah masyarakat menciptakan kondusifitas yang optimal. (*/lis)