Manfaatkan Dinding sebagai Taman

333

WONOSOBO – Padatnya pemukiman penduduk di perkotaan, membuat lahan untuk kawasan hijau menyempit. Untuk menyiasatinya, kini Pemkab Wonosobo mengembangkan vertical garden, teknik ini  untuk memanfaatkan lahan sekecil apa pun di seputar rumah, termasuk pemanfaatan dinding sebagai taman kecil.
Menurut staf Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Wonosobo Dani Ardiansyah, untuk mewujudkan Wonosobo Green City, sejumlah terobosan terus dilakukan. Selain membangun taman kota yang asri, kini pemukiman penduduk seputar kota terus berbenah membuat taman-taman kecil di tiap halaman rumah.
“Rumah warga ada yang tidak punya halaman, maka kami ajarkan teknik pembuatan vertical garden,” katanya.
Dani mengatakan, untuk mendorong terwujudnya pemukiman kota yang hijau, sedikitnya 100 warga di seputar perkotaan seperti Kelurahan Jaraksari, Wonosobo Barat dan Wonosobo Timur, telah dikumpulkan dan melakukan pelatihan teknik membuat taman vertical garden.
“Dengan metode vertical garden, pola penanaman bisa dilakukan di sekeliling rumah, seperti dinding, tangga, hingga pagar,” ujarnya.
Dikatakan, untuk mendapatkan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kebun vertikal pun, diuraikan Dani tak sulit didapatkan. Hanya berbekal plastik mika dan wool glass sebagai media tanam, warga sudah bisa menanam. Terkait teknik pembuatan, warga bisa menyesuaikan dengan tempat yang akan ditanami.
“Selain praktis, media tersebut juga bisa ditanami beragam jenis tanaman, seperti bunga, sayuran, hingga beberapa jenis buah-buahan,”katanya.
Adanya upaya mewujudkan vertical garden itu mendapat sambutan positif Ketua TP PKK Kabupaten Wonosobo, Aina Liza Kholiq Arif. Menurutnya vertical garden bisa menjadi solusi menyiasati sempitnya lahan di lingkungan Kampung Jaraksari, Wonosobo Barat, dan Wonosobo Timur.
“Tekniknya cukup sederhana dan praktis, saya berharap warga masyarakat di ketiga kelurahan tersebut dapat mengaplikasikannya,” paparnya.
Aina mendorong kepada kaum ibu di seputar perkotaan, untuk menanam beragam jenis sayuran, yang nantinya dapat dimanfaatkan sebagai penunjang kebutuhan harian keluarga. Dengan demikian, pengeluaran untuk belanja kebutuhan pokok juga dapat dikurangi. “Selain itu, dengan vertical garden, akan memperindah menyejukkan lingkungan di sekitar rumah,” katanya. (ali/lis)