Mochamad Rizqi Juara Mapres Unnes 2014

338

SEKARAN — Mochamad Rizqi, mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) berhasil meraih juara pertama sebagai mahasiswa prestasi (Mapres) Universitas Negeri Semarang (Unnes) 2014. Ia mendapatkan skor nilai 95,91 mengalahkan mahasiswa Unnes lainnya.
Sementara juara dua diraih Heru Setiawan dari jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Matematika Ilmu dan Pengetahuan Alam (FMIPA) dengan skor 91,12. Dan juara tiga diperoleh Agustin Anggriani dari jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan (PGSD FIP) dengan skor 89,57. Penganugerahan Mapres 2014 dilakukan oleh Rektor Unnes Prof Fathur Rokhman didampingi Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan (PR III) Prof Masrukhi di Auditorium Kampus Sekaran, Rabu (14/5).
Fathur Rokhman mengemukakan, prestasi ini merupakan titik awal dari segala-galanya karena ke depan tantangan yang dihadapi semakin berat. Mapres juara pertama nantinya akan mewakili Unnes maju ke Kompetisi Mapres Tingkat Nasional di Jakarta yang akan diselenggarakan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Pendidikan Tinggi. ”Unnes di tingkat nasional selalu masuk lima besar mahasiswa berprestasi. Tahun 2012 lalu juga menduduki urutan keempat, sedangkan 2013 naik menjadi urutan ketiga setelah IPB dan UI,” jelasnya.
Fathur Rokhman berharap, semoga Rizqi sebagai Mapres juara pertama dalam kompetisi di tingkat nasional nanti bisa memperoleh yang terbaik seperti para seniornya, seperti Ryan Marina (Mapres Unnes 2010), Muzzaki Bashori (Mapres 2011), Diana Purwaningrum (Mapres 2012), dan Agus Widodo (Mapres 2013).
Ketua Tim Juri Tommi Yuniawan mengatakan, sistem penilaian ini berdasarkan empat kriteria, yakni indeks prestasi kumulatif (IPK), prestasi atau capaian unggulan dalam kegiatan ekstra dan intrakurikuler, kemampuan presentasi berbahasa Inggris, serta kemampuan dalam menyampaikan ide dan gagasan dalam bentuk karya ilmiah yang dipresentasikan. (gus/jpnn/ton/ce1)