Telkom Siapkan 6.000 Titik Akses Poin

263

SEMARANG — PT Telkom Tbk Ritel Semarang tahun ini menyiapkan 6.000 titik akses poin broadband, melalui akses Wifi ID dalam rangka mewujudkan Semarang Smart City. Saat ini, sudah terealisasi 2.100 titik akses poin.
Manager Wireless Broadband Telkom Retail Semarang, Leonardo Budhi mengatakan bahwa akses poin akan disebar di semua area publik, termasuk sekolah dan kampus serta kantor kecamatan dan kelurahan seluruh Kota Semarang. ”Khusus kecamatan dan kelurahan, saat ini sudah terpasang kurang lebih di 20 titik,” katanya di sela-sela penyerahan reward kepada Agensi 8108, Rabu (14/5) kemarin.
Penambahan akses poin ini, tuturnya, untuk mewujudkan Kota Semarang sebagai Smart City sebagaimana yang dicanangkan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Imbasnya, peningkatan brodband mampu menyumbang pertumbuhan ekonomi Indonesia. ”Oleh karena itu, pemerintah meminta Telkom sebagai salah satu operator miliki negara untuk terus meningkatkan fasilitas broadband,” katanya.
Saat ini, imbuhnya, dari 6.000 titik yang akan dipasang, sudah terealisasi 589 tempat dan 300 di antaranya sudah terpasang. Bandwich untuk Indonesia, Wifi di atas 10 Mbps. ”Kecepatan ini sudah cukup besar,” katanya.
Sementara itu, akses internet di sekolah atau program IndiSchool akan dipasang di 800 sekolah mulai dari SD hingga perguruan tinggi, termasuk sekolah-sekolah madrasah. Pemasangan ini penting guna memberikan kenyamanan dalam berselancar di dunia maya. ”Pihak Telkom sudah memblok situs-situs pornografi, sehingga tidak dapat diakses. Karena itu, para orang tua tidak perlu khawatir anak-anaknya menggunakan internet untuk hal yang tidak pantas,” tambahnya.(tya/ida/ce1)