Jabatan Kosong Akhirnya diisi

307

DEMAK-Bupati Demak Dachirin Said akhirnya mengisi jabatan kosong di lingkungan Pemkab Demak. Selama ini, kursi jabatan strategis banyak yang dipegang pelaksana tugas (Plt). Setidaknya, tercatat ada 15 jabatan setingkat kepala dinas yang kosong.
Total ada 127 pejabat struktural yang dimutasi. Mereka berasal dari eselon 2, 3, 4, dan eselon 5. Banyak pejabat yang diberitahu secara mendadak untuk mengikuti pelantikan Jumat (16/5).
Bupati menegaskan, setelah pengisian jabatan kosong itu, mereka yang dilantik harus siap menjalankan tugas membantu bupati dalam mengelola pemerintahan. “Mereka telah bersumpah dan membaca pakta integritas. Karena itu, harus siap melaksanakan tugasnya. Kerja, kerja dan kerja,” ujar bupati di Pendopo, kemarin.
Dalam pakta integritas itu disebutkan, bahwa pejabat yang dilantik harus bisa menjadi teladan bagi bawahannya dengan komitmen tinggi dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Selain itu, bekerja dengan jujur, disiplin, dan bersemangat, tepat waktu, tepat mutu dan serta mematuhi prinsip manajemen.
Meski demikian, belum semua instansi memiliki pimpinan definitif. “Untuk Dinas Kesehatan ini kami belum menemukan yang pas. Belum ada kader yang sesuai harapan. Kalau mau mengambil dari kepala puskesmas pun belum memenuhi semua,” kata Dachirin.
Bupati mengatakan, setelah mengisi jabatan kosong tersebut, pihaknya masih memiliki pekerjaan rumah (PR) untuk menata jabatan kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan. “Jadi kepala sekolah itu kan sesuai perbup menjabat selama 4 tahun. Bagi mereka yang berprestasi bisa melanjutkan hingga 8 tahun,” ujarnya. (hib/ton)