KA Eksekutif Akan Dipasangi CCTV

310

Tiket H-7 dan H+7 Lebaran Ludes 

SEKAYU — Untuk membuat nyaman para penumpang kereta api, PT KAI Daops IV Semarang akan memasang CCTV di setiap gerbong KA.
Saat ini, baru satu KA yang sudah dipasangi CCTV. Yakni, KA KA Argo Sindoro. ”Saat ini baru KA Argo Sindoro yang telah dipasang CCTV,” kata Kepala Daop IV PT KAI, Wawan Ariyanto di kantornya, Jalan Thamrin, kemarin. KA yang lain, kata dia, juga akan dipasangi CCTV. Tepatnya, secara bertahap. ”Untuk KA eksekutif akan dipasangi CCTV semua, dan dilakukan bertahap,” katanya.
Pemasangan CCTV dijadwalkan selesai pada tahun ini. ”Tahun ini semua KA eksekutif harus sudah terpasang CCTV. Harapannya, semua penumpang bisa lebih nyaman.” Disinggung tiket di Stasiun KA Tawang Semarang, untuk H-7 sampai H+7 Lebaran, semuanya sudah ludes.
”Memang untuk pemesanan tiket secara online sudah bisa dilakukan sejak 15 Mei 2014 lalu, namun tiket sudah langsung habis hanya dalam waktu 24 jam.”
Sementara itu, disinggung persediaan air pada gerbong-gerbong KA, menyusul perubahan jadwal kereta per 1 Juni mendatang, nantinya KA diharuskan berhenti untuk mengisi persediaan air. Beberapa KA diprogramkan untuk berhenti di stasiun tertentu untuk pengisian air.
Pengisian air, ungkapnya, akan dilakukan selama 15 menit. Sebab, per satu gerbong, rata-rata membutuhkan 60 liter air untuk dua tandon. Sedangkan satu rangkaian KA, rata-rata ada delapan gerbong. 
”Air tersebut, salah satu kegunaannya, untuk persediaan air di toilet yang berada di dalam gerbong,” ungkap Manajer Operasional PT KAI Daop IV, Asdo Atriviyanto.
Sedangkan untuk tempat pengisian air kereta di Daop IV, ungkapnya, berada di Stasiun KA Tawang untuk KA Gumarang, KA Harina, dan KA Majapahit. Sedangkan di Stasiun Poncol untuk KA Brantas dan KA Matarmaja. Sedangkan Stasiun KA Tegal untuk mengisi air KA Menoreh dan KA Kertajaya. (hid/isk/ce1)