BNN Meriahkan Batang Maritim Carnival

293

BATANG — Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Batang ikut memeriahkan pelaksanaan gelaran Batang Maritim Carnival. Kegiatan itu dihelat sebagai rangkaian peringatan HUT ke-48 Kabupaten Batang.
Ribuan warga yang datang dari berbagai kecamatan, antusias menyaksikan arak-arakan peserta karnaval. Warga tumpah ruah di sepanjang Jalan Ahmad Yani hingga Jalan Gajah Mada atau sepanjang 5 kilometer.
Peserta karnaval, sebagian besar mengenakan kostum bertemakan laut. Mereka menampilkan berbagai atraksi kesenian khas Batang. Masing-masing ormas maupun SKPD mengikutsertakan wakilnya.
Tak terkecuali, pegawai Badan Narkotika Nasional (BNN) Batang, yang turut serta dalam karnaval tersebut. Mengenakan pakaian seni sintren, mereka mengendarai becak hias yang bertuliskan Sintren Keren Tanpa Narkoba.
Kepala Seksi Pencegahan BNN Kabupaten Batang, Zaenal Arifin mengatakan, keikutsertaan BNN Batang dalam pelaksanaan Batang Maritim Carnival, semata karena pihaknya ingin menyampaikan pesan pada masyarakat. Utamanya, terkait bahaya narkoba.
Menurut dia, Batang Maritim Carnival ditonton lebih dari 10 ribu warga. Mereka berasal dari berbagai elemen dan lapisan masyarakat.
”Meski berstatus instansi vertikal, kami tetap menjadi bagian dari Kabupaten Batang. Kami tetap berpartisipasi memeriahkan Batang Maritim Carnival, sesuai kapasitas lembaga kami. Makanya, pesan anti-narkoba tetap kami sertakan dalam karnaval,” kata Zaenal Arifin.
Bupati Batang Yoyok Riyo Sudibyo usai mengikuti kegiatan Batang Maritim Carnival mengatakan, event itu menghadirkan 4 raja. Yakni, dari Keraton Surakarta Sri Sultan Paku Buwono XIII dan Sri Sultan Hamengkubuwono X dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Juga Sultan Kesepuhan Cirebon XIV PRA Arif yang diwakili Raden Haryo Tossin Sunardi, dan Kesultanan Palembang, Darusalam Sultan Iskandar Mahmud Badarudin.
Bupati Yoyok mengklaim, Batang Maritim Carnival sangat sukses dan luar biasa. Karena itu, tahun depan akan diadakan acara serupa. ”Ke depan akan direncanakan kegiatan serupa di Kabupaten Batang. Namun, saya akan menghadirkan seluruh raja-raja yang ada di Nusantara,” kata Yoyok. (thd/isk/ce1)