Jago DPW dan DPP Bersaing

395

Calon Pimwan PKB

GEDUNG BERLIAN – PKB yang meraih 13 kursi di Gedung Berlian dipastikan mendapatkan jatah menempatkan legislatornya sebagai Wakil Ketua DPRD Jateng. Karena itulah, DPW PKB mengusulkan 3 nama calon kepada DPP untuk dipilih salah satunya.
Ketua DPW PKB Jateng, KH Yusuf Chudlori mengatakan bahwa proses penentuan pimpinan dewan (pimwan) Jateng dimulai dengan rapat pleno yang diselenggarakan DPW. Pleno tersebut akan memunculkan 3 nama calon pimwan yang disetorkan ke DPP. ”Kewenangan DPW hanya sampai pada menentukan 3 nama tersebut. Selanjutnya DPP yang akan menentukan,” ujarnya.
Untuk menentukan 3 nama tersebut, DPW akan menggunakan kriteria kemampuan, integritas, dan pengabdian di organisasi partai. Gus Yusuf menambahkan selanjutnya DPP akan melakukan fit and proper test terhadap 3 nama tersebut.
Dia menyatakan penentuan pimwan tidak didasarkan unsur kedekatan dengan pimpinan partai. ”Tidak ada soal kedekatan, ke-13 nama wakil rakyat PKB yang terpilih punya peluang yang sama menjadi anggota dewan,” katanya.
Meski begitu, Gus Yusuf menyatakan proses tersebut belum akan dilakukan dalam waktu dekat. Sebab pihaknya masih berkonsentrasi dalam pemenangan pemilihan presiden (pilpres).
Namun begitu, sumber koran ini mengatakan ada 4 nama legislator PKB yang menguat sebagai calon pimwan. Keempatnya masing-masing mendapat dukungan dari struktur partai di berbagai tingkatan. DPP PKB dikabarkan lebih condong kepada Sukirman (incumbent, Sekretaris Komisi C DPRD Jateng) dan Fuad Hidayat (incumbent, Ketua Komisi A DPRD Jateng). Sementara DPW dikenal dekat dengan Henri Wicaksono. Satu calon pimwan lain yang menguat adalah Arief Rohman yang juga staf Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmy Faishal.
Dari jumlah suara pileg 2014, 5 kursi pimwan di DPRD Jateng dipastikan akan diisi PDIP, PKB, Partai Gerindra, Partai Golkar dan PKS. Sejumlah nama diprediksi akan bersaing ketat menjadi pimwan. Selain PKB, dari PDIP, nama yang menguat sebagai calon pimwan di antaranya Bendahara DPD Jateng, Rukma Setyabudi, Wakil Ketua DPD Alwin Basri, dan Wakil Ketua DPD Nuniek Sri Yuningsih.
Partai Gerindra kemungkinan besar akan mencalonkan Agus Priyadi sebagai pimwan mengingat posisinya saat ini adalah Sekretaris DPD Jateng. Nama lain yang juga berpeluang adalah incumbent Heri Pudyatmoko.
Sedangkan Golkar diprediksi akan mengajukan RA Kusdilah karena faktor senioritas. Nama lain yang berpeluang adalah mantan Bupati Semarang, Siti Ambar Fatonah. Adapun kandidat kuat Pimwan dari PKS adalah Ahmadi yang juga Sekretaris DPW Jateng. Selain itu ada Hadi Santoso yang juga Ketua Bappilu PKS Jateng.
Ketua DPW PKS Jateng Abdul Fikri Faqih saat dikonformasi masih enggan membuka nama-nama yang akan diajukan menjadi pimwan. Menurutnya usulan tersebut akan dikirim ke DPP. ”Biasanya kami mengusulkan satu nama untuk ketua fraksi dan dua nama untuk Pimwan,” katanya. Pertimbangan yang digunakan dalam usulan di antaranya jumlah suara, senioritas, maupun masuk dalam struktur partai.
Sekretaris DPRD Jateng, Prijo Anggoro BR mengatakan terkait penetapan pimwan, pihaknya akan menunggu usulan dari 5 partai peraih suara terbesar. Usulan tersebut baru akan diberikan usai pelantikan anggota DPRD Jateng periode 2014-2018 pada 3 atau 4 September mendatang. ”Partai akan memberikan surat berisi nama-nama pimpinan dewan, kami hanya menerima dan mengakomodir sesuai jumlah kursi,” katanya.
Setelah pemilihan pimwan, akan dilakukan penempatan personel di 5 komisi. Sedangkan penentuan pimpinan komisi akan dibicarakan fraksi-fraksi di DPRD Jateng. ”Ketua, wakil ketua, dan sekretaris fraksi akan dibagi berdasarkan jumlah kursi. Yang namanya politik kan komunikasi. Yang penting orientasinya menuju kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya. (ric/ida/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.