Jamin Soal US SD Tak Bocor

333

CANDISARI — Ujian Sekolah (US) SD/MI dan sederajat akan digelar serentak mulai Senin (19/5) hingga Rabu (21/5) besok. Di Kota Semarang, US bakal diikuti 24.945 siswa SD/MI yang berasal dari 511 SD, 77 MI, dan 3 SDLB. Sebanyak 1.517 naskah US SD dan sederajat se-Kota Semarang, Minggu (18/5) kemarin, telah didistribusikan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang ke 16 Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kota Semarang. Naskah dikemas dalam 1.510 boks, yang terdiri atas 755 boks naskah soal dan 755 boks Lembar Jawab Ujian Sekolah (LJUS), dan SDLB (Sekolah Dasal Luar Biasa) sebanyak 7 boks.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Bunyamin, menjamin soal US tidak akan bocor. “Dengan bantuan dari pihak Polrestabes Semarang, soal akan aman dari gangguan tangan-tangan yang kurang bertanggung jawab,” katanya kepada Radar Semarang, Minggu (18/5).
Bunyamin mengatakan, kondisi naskah yang diterima oleh pihak Disdik Kota Semarang, Jumat (16/5), masih bersegel dan disimpan dalam aula yang keamanannya sangat ketat. Terkait naskah soal, Bunyamin menegaskan, semua peserta US SD jenis soal sama. “Semua peserta soalnya sama dan tidak berbarkode,” ujarnya.
Kepala UPTD Kecamatan Ngaliyan, Abdul Jamil, mengatakan, untuk pengawas US SD nantinya akan diberlakukan sistem silang, namun masih dalam satu rayon. ”Sistem pengawasan tetap menggunakan sistem silang, namun pengawas masih dalam satu rayon,” kata Abdul.
UPTD Ngaliyan sendiri, pada US SD tahun ini menerima 114 boks, sedangkan jumlah peserta US SD yang terdaftar di UPTD Ngaliyan sebanyak 1.903 siswa.
Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 3.020 pengawas akan mengawasi jalannya US yang dilakukan dengan sistem silang, yakni antar sekolah dalam 1 UPTD/rayon. Tata cara US sama dengan tahun lalu saat masih berlaku unas. Adapun materi soal, 25 persen dari kisi-kisi pusat dan 75 persen dari kisi-kisi provinsi. Secara substansi tidak ada perbedaan antara unas SD 2013 dan US SD 2014. (mg1/aro/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.