Lincah, Cantik dan Menggemaskan

322

Jateng Dog Show Uji Kualitas Anjing Ras



SEMARANG-Ratusan anjing ras tampak luwes bergaya dengan pakaian-pakaian unik. Ada anjing Syberian Huskey, Afgan Hound, Malamut Alska, Chow-Chow dan Chihuahua yang sangat jinak dan bersahabat bagi manusia. Beragam anjing lucu nan fashinable ini, menunjukkan kebolehannya dalam gelaran Jateng Dog Show di Marina Convention Center (MCC) Semarang, Minggu (18/5) siang kemarin.
Bahkan, selain nurut dengan pemiliknya, anjing ras ini tampak anggun ketika mengikuti fashionshow. Bahkan, ada juga anjing ras yang dengan lincah melewati berbagai rintangan dalam kategori lomba agility atau ketangkasan anjing.
Ketua Panitia Dog Show 2014, Rono Budi Hono, mengungkapkan bahwa Jateng Dog Show merupakan agenda tahunan dari Perkin Jateng guna menguji kualitas anjing ras yang ada di Indonesia. “Jumlah peserta sebanyak 250 orang dengan anjing ras masing-masing. Para peserta datang dari berbagai daerah, bahkan ada juga yang dari luar negeri,” katanya kepada Radar Semarang, Minggu (18/5) siang kemarin.
Pihaknya mengaku, tujuan diadakan lomba adalah menunujukkan anjing yang berkualitas. Anjing yang menang berhak mendapat serifikat dan tropi yang sangat prestisius bagi sang pemilik anjing. “Kategorinya ada Cacib, Cac, Agility, Karya Guna dan Anjing Sahabat. Kategori penilaiannya adalah anatomi anjing ras, agility dan karya guna atau kemampuan ajing. Selain itu, ada fashion show anjing sebagai acara tambahan,” ungkapnya.
Yanuar Indarto, 35, salah satu pemilik anjing Syberian Huskey asal Jogjakarta yang juga peserta dalam lomba agilty mengaku melatih anjing dalam segi ketangkasan tidak mudah. Lantarasan jenis anjing yang ia punya adalah anjing bandel. ”Anjing jenis syberian dasarnya memang agak bandel. Tapi tergantung pemilik dan anjingnya dalam latihan agar bisa menyelesaikan rintangan,” papar pemilik anjing yang pernah juara 1 Jambore Nasional di Jogjakarta.
Sama halnya dengan Sherli Putri, 32, yang mengaku ingin mengikuti lomba lantaran ingin anjing rasnya mendapatkan sertifikat resmi. ”Indukan yang menang lomba dan punya sertifikat akan bernilai tinggi, sama halnya dengan anakannya. Jadi bisa saja menjadi ladang bisnis,” pungkasnya pemilik anjing jenis Chow-Chow ini. (den/ida)