Pemuda Pancasila Siap Jaga Kondusivitas

441

MAGELANG– Sejumlah ormas di Kota Magelang menyatakan siap menjaga kondusivitas di wilayahnya. Semangat ini diharapkan mampu diikuti oleh semua kalangan.   
Ketua ormas Pemuda Pancasila (PP) Kota Magelang Purwoyoko, menyatakan siap untuk membantu menjaga kondusivitas, ketertiban dan kemanan di wilayah Kota Magelang. Dirinya mengakui sejumlah konflik yang terjadi banyak disebabkan masih rapuhnya rasa persatuan dan kesatuan. Selain itu juga masih ada faktor kepentingan pribadi maupun kelompok tertentu yang bisa memecah belah persatuan dan tentunya menjadikan suasana kurang kondusif.     
“Momen Hari Kebangkitan Nasional ini, kami berkomitmen untuk semakin kompak, semangat nasionalisme yang tinggi, memiliki jiwa korsa, dan  tentunya turut serta menjaga kondusivitas di Kota Magelang,” tuturnya.     
Sementara itu, dalam upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional Wakil Wali Kota Magelang Joko Prasetyo berpesan supaya seluruh kalangan mengedepankan kepentingan umum. “Jangan selalu mengutamakan kepentingan perorangan dan golongan, atau superioritas kelompok tertentu yg merasa lebih unggul dari kelompok lain,” kata dia.     
Sikap seperti itu, katanya bisa menggerus dari hakekat nasionalisme. “Semangat persatuan demi menjunjung tinggi sikap nasionalisme yang dulu didambakan dan dibanggakan kini menjadi kekhawatiran kita bersama,” kata Joko.
Menurutnya, konflik antar etnis, antaragama, tawuran antarpelajar, tawuran antarwarga, sikap prasangka antarkepentingan, konflik  horizontal dan gangguan keamanan  yang masih sering terjadi adalah fenomena kebangsaan yang perlu disikapi masyarakat secara hati-hati.     
Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-106 tahun 2014 ini dihadiri oleh Forum Pimpinan Daerah, para angggota DPRD, pegawai Pemkot Magelang, TNI, Polri, Gabungan Organisasi Wanita, beberapa ormas, serta sejumlah pelajar. (vie/lis)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.