Bangun Fisik dan Nonfisik

311

WONOSOBO – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I tahun 2014 menyasar Desa Wonosroyo Kecamatan Watumalang. Konsentrasi program fisik rencananya pembangunan jalan rolak desa. Selain itu sejumlah kegiatan nonfisik berupa sosialisasi kebangsaan terhadap masyarakat.
Pelaksanaan TMMD ditandai dengan pemukulan gong oleh Ketua DPRD, Afif Nur Hidayat, seusai upacara pembukaan di lapangan desa, Rabu (21/5) kegiatan yang direncanakan selama 21 hari tersebut akan melibatkan tak kurang dari 165 orang, dari unsur TNI, warga setempat, anggota polres, hingga para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Kecamatan Watumalang.
Kasubbid Administrasi dan Perangkat Desa, Bapermasdes, Amin Purnadi mengungkapkan, untuk TMMD Sengkuyung tahap I 2014 di Wonosroyo, fokus kegiatan menyasar sektor fisik dan nonfisik. Untuk sektor fisik, selain pembangunan rolak jalan desa sepanjang 532 meter dan lebar 3 meter, serta jembatan sepanjang 12 meter dan lebar 2 meter.
Demikian pula di Kota Magelang, TMMD tak hanya membangun secara fisik infrastruktur. Namun juga membangun mental dan kepribadian masyarakat.     
Hal itu diungkapkan Komandan Depo Pendidikan dan Kejuruan (Dandodikjur) Rindam IV/Diponegoro, Letkol Inf Suhartono saat membuka TMMD tahap 1 Kota Magelang di lapangan kompleks kampus Universitas Tidar, kemarin.
Kegiatan nonfisik yang dilakukan, yakni penyuluhan kesehatan tentang kebersihan lingkungan, penyuluhan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), penyuluhan narkoba, serta penyuluhan kamtibmas. (ali/vie/lis)