Effendi dan Supi'i Bersaing di Musprov PASI

251

SEMARANG – Pengprov PASI (atletik) Jateng akan menggelar Musyawarah Provinsi (Musprov) untuk memilih ketua umum PASI periode 2014-2018 di Hotel Siliwangi Semarang, Sabtu (24/5) mendatang. Hingga penutupan pendaftaran bakal calon ketua Rabu (21/5) kemarin, tercatat dua tokoh yang ‘melamar’ yakni Supi’i dan Effendi Hari.
Effendi Hari mengatakan, keinginannya menjadi ketua umum PASI Jateng adalah murni kecintaannya pada olahraga dan keinginnannya yang kuat untuk memajukan olahraga Jawa Tengah, terutama atletik. Apalagi, menurutnya atletik adalah olahraga lumbung medali di tiap ajang multievent seperti PON. Selain itu, potensi atlet atletik di Jawa Tengah sangat luar biasa apabila dikembangkan dengan optimal.
“Potensi atlet atletik di Jateng, sangat hebat. Terutama di Kota Semarang, Salatiga, Blora dan Surakarta. Fasilitas juga cukup memadai, di mana kita punya Stadion Manahan, Stadion Kendal serta trek atletik yang cukup bagus di Unnes. Karena itu saya tergerak untuk mengoptimalkan semua potensi tersebut, apabila dipercaya menjadi Ketua Umum PASI Jateng periode mendatang,” ujar Effendi kemarin.
Dia mengakui, PASI Jateng ke depan memang penuh tantangan. Di antaranya, dituntut bisa mempertahankan prestasi di PON 2012 yaitu mengoleksi tujuh keping medali emas, sehingga dibutuhkan kaderisasi atlet yang mantap. PON Remaja bulan Desember mendatang, juga menjadi tantangan tersendiri, terutama untuk menguji atlet pemula.
Effendi bukan orang baru di atletik, terutama di bidang kepelatihan. Akses dengan PB PASI juga cukup baik, karena dia pernah melatih atlet nasional, terutama untuk lari jarak pendek. Selama ini, Effendi juga sering menjadi pelatih fisik, utamanya untuk tim sepka bola seperti PSIS dan tim PON Jateng. Saat ini, Kabid Keolahragaan Dinpora Jateng ini juga menjadi Pembina PPLP Jateng.
Sementara Supi’i, adalah pengusaha yang juga pembina di Perkumpulan Atletik Fajar Mas Murni. Supi’i bahkan sudah mengadakan sosialisasi dengan insan atletik Jateng dalam kegiatan yang digelar PB PASI di Jateng seperti Sprint Contest, penataran pelatih dan Kejurda di Kendal, 29-30 Maret lalu. (smu)