Infrastruktur Dominasi Penyebab Kemiskinan

452

MUNGKID– Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sepertinya harus mulai meningkatkan pemerataan pembangunan infrastruktur di beberapa daerah pelosok. Mengingat hal itu menjadi salah satu faktor dominan masih tingginya angka kemiskinan.
“Infrastruktur ini salah satu penyebab masih tingginya angka kemiskinan di Jawa Tengah. Karena banyak kasus di daerah pinggiran bayi meninggal, ibu hamil meninggal. Karena penanganannya terhambat infrsttruktur,” kata staf khusus Gubernur Jawa Tengah Fatah Muria dalam sosialisasi Pelaksanaan Fasilitasi Kebijakan dan Hasil Pembangunan di Ruang Bina Praja, Pemkab Magelang, Rabu kemarin.       
Menurut dia, di Jawa Tengah kemiskinan masih berada di kisaran angka 3-4 juta pendudukan. “Sebanyak 10 persen dari jumlah penduduk Jateng yang mencapai sekitar 34 juta,” katanya.     
Disebutkan kabupaten dengan angka kemiskinan tinggi di antaranya Kabupaten Wonbosobo, Blora, Cilacap, Brebes dan lainnya. Tingginya angka kemiskinan tersebut ditandai dengan banyaknya kematian ibu dan bayi, gizi buruk, sanitasi, dan pengangguran.      
“Tapi Wonosobo menunjukkan progres yang bagus sekali,” kata dia.  Angka kemiskinan yang tinggi itu, kata dia menempatkan Jawa Tengah menjadi salah satu provinsi dengan jumlah penduduk miskin terbesar.       
Fatah mengungkapkan selagi indeks pembangunan manusia (IPM) rendah maka Jawa Tengah akan dinilai sebagai daerah miskin. Disebutkan IPM merupakan pengukuran perbandingan dari harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan standar hidup untuk semua negara seluruh dunia.        
Menurut Fatah pengentasan kemiskinan dan penyediaan lapangan kerja tidak bisa dilakukan sendiri-sendiri namun harus lintas kabupaten dan melibatkan pemprov. “Kami ingin membangun pemahaman bersama dan membagi peran agar pengentasan kemiskinan lebih integral dan terkoordinasi,” kata dia.       
Kabid Kominfo Dishubkominfo Provinsi Jateng Edy Supriyanto menambahkan sosialisasi ini melibatkan jajaran Dinas Sosial dan Dinas Tenaga Kerja kabupaten/kota se-Jawa Tengah. Diharapkan ada koordinasi dan keselarasan program kerja antardaerah dalam pengentasan kemiskinan. (vie/lis)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.