Broadcast BBM Sudutkan Capres

307

TEMANGGUNG—Sejak dua hari terakhir, di Kabupaten Temanggung beredar broadcast messages via BBM yang berisi menyudutkan capres tertentu. Peredaran BBM tersebut menjadi wacana publik lantaran beredar luas dan menjadi pembicaraan. Salah satu capres yang paling diserang adalah Joko Widodo (Jokowi). Pesan lainnya, pertanyaan dukungan yang membawa organisasi kemasyarakatan tertentu. Selain dalam bentuk pesan, peredaran juga dalam bentuk foto.
“Saya menerima sudah dua hari ini. Awalnya saya dikirim gambar, lalu gambar tersebut ternyata juga dikirim oleh kontak yang lain. Gambarnya Jokowi salaman sama Bu Mega mencium tangannya dan katanya itu boneka,” kata Margo Susilo, 40, warga Desa Kabelukan, Kecamatan Kaloran.
Ia mengatakan gambar lainnya kemudian bermunculan tentang Prabowo Subiyanto yang mencium kuda dan Jokowi mencium istrinya. Pesan gambar yang lain juga terus beredar dan menjadi Display Picture BBM. “Jadi bingung mau milih presiden siapa,” lanjutnya.
Hal senada juga dialami oleh Purwogiri, 43, warga Desa Citran, Kecamatan Kandangan, mengatakan, ia menerima pesan broadcast yang sangat banyak dari sedikitnya 15 kontak BBM yang dimiliki. Isi pesan tersebut mengatakan bahwa Jokowi adalah boneka Megawati yang akan menjual aset negara. “Saya pikir biasa saja, tapi kok banyak yang kirim,” katanya.
Ia mengatakan, merasa tidak nyaman dengan pesan tersebut. Banyaknya pesan yang beredar membuat ia memilih untuk menghapus chatting tanpa membacanya. Hal tersebut dilakukan lantaran bosan dengan isi pesan yang provokatif tersebut. “Mending langsung hapus saja,” tambahnya. (zah/lis)