150 Burung Rebutkan Piala

319

KENDAL—Ratusan pecinta burung dari berbagai daerah mengikuti lomba kicau di Alun-alun Kendal.Para peserta lomba terbagi atas empat kategori yang memperbutkan yakni Piala Bupati Kendal, Piala Wakil Bupati Kendal, Piala Sekretaris Daerah Kendal, serta Piala Asisten Kendal.
Banyaknya peserta dan penggemar burung yang memenuhi alun-alun mengakibatkan tim penitia harus mendirikan tenda-tenda khusus untuk perlombaan untuk memudahkan penilaian. Tenda  itu di batasi menggunakan pagar besi supaya steril dari kicauan burung dai peserta maupun sorak-sorai penonton.
Beberapa burung yang dilombakan yakni burung murai, cucak ijo, kacer, anis merah, pentet, love bird, kenari, cucak jenggot, pleci A, murai batu dan ciblek. “Jumlah peserta yang mengikuti lomba mencapai 150 peserta. Mereka dari berebagai daerah di Jateng seperti Kendal, Batang, Semarang, Demak, Pekalongan, Kudus, Pati bahkan ada juga yang berasal dari Jakarta,” ujar Ketua Panitia Lomba Kicau Burung, Bintang Yudha Daneswara.
Ada empat tropi yang sudah disiapkan panitia yaitu kategori Murai Batu Kacer Cucak Ijo memperebutkan piala Bupati. Burung jenis Anis Merah, Pentet, Love Bird, Kenari dan Murai Batu memeprebutkan piala Wakil Bupati. Sedangkan Cucak Jengot memperebutkan piala Sekda Pleci A memperebutkan piala asisten sekda.
Lomba tersebut, lanjut Danes, dilaksanakan untuk menyambut Hari Jadi Kendal yang ke-409. “Selain itu memberi wadah para pecinta burung. Sebab lomba ini sudah fakum selama empat tahun, sejak dilakukan tahun 2010. Dengan adanya lomba ini maka pecinta burung akan lebih semarak lagi,” katanya. (bud)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.