Dewa Obat Dibersihkan

352

PURWODINATAN–Puluhan pejimsin dari Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kelenteng Tay Kak Sie, Sabtu (24/5) membersihkan Kongco Poo Seng Tay Tee atau Dewa Obat. Ritual menjelang kegiatan Jut Bio ini melibatkan Chia Locu Hendra Yauw dan Hu Locu Yo Yo Hok untuk memindahkan kongco dari altar semula menuju altar utama kelenteng Tay Kak Sie.

Sebelum dipindah ke altar utama, kongco dibersihkan menggunakan tisu basah serta kuas. Setelah bersih dari kotoran, kongco dibawa masuk untuk dilepas pakaiannya dan disucikan.
“Selama kongco itu dibersihkan dan disucikan, pejimsin tidak boleh masuk ke dalam, kecuali Chia Locu dan Hu Locu,” ungkap Chia Locu, Hendra Yauw.

Setelah dimandikan dan disucikan, kongco diberi pakaian baru dan selanjutnya ditempatkan ke altar utama. Pejimsin selanjutnya memanjatkan doa keselamatan di altar utama.

Ketua Panitia Pelaksana Andianus mengatakan, Jut Bio atau peringatan hari kedatangan kongco akan dilaksanakan di Pantai Marina Semarang. “Nanti pada 29 Mei Kongco akan diarak menuju Pantai Marina dari Kelenteng Tay Kak Sie,” katanya.

Jut Bio akan dimulai pukul 05.00, diawali arak-arakan jalan kaki dari Tay Kak Sie menuju Gang Benteng. Arak-arakan akan dilanjutkan menggunakan mobil hingga Pantai Marina. “Arak-arakan untuk tahun ini tidak jalan kaki tetapi menggunakan truk. Agar ringkas dan tidak mengganggu arus lalu lintas,” katanya.

Setelah sampai di Marina, maka pejimsin akan melakukan sembahyangan dan pembacaan doa-doa parita suci. “Tepat pukul 13.00 kongco akan dibawa pulang kembali ke kelenteng Tay Kak Sie dengan menggunakan truk dan berhenti di Beteng,” katanya.

Sesampainya di Gang Beteng, ungkapnya, kongco diturunkan dan diarak menuju kelentang Tay Kak Sie. Tetapi sebelum sampai Tay Kak Sie, kongco akan memasuki 7 kelenteng yang ada di kawasan Pecinan sebagai bentuk penghormatan. (hid/ton)