Gaet Nasabah, BPR Jemput Bola

255

SEMARANG – Bank Perkreditan Rakyat (BPR) mulai melalukan sistem jemput bola langsung ke nasabah. Hal ini sebagai salah satu bentuk komitmen mereka terhadap penyaluran kredit, khususnya pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).
Ketua Persatuan BPR Indonesia (Perbarindo) DPD Jateng Arif Budiarto mengatakan bahwa untuk mengenalkan industri atau lembaga keuangan BPR caranya adalah dengan mendekatkan diri terlebih dahulu pada masyarakat bawah. ”Salah satu upayanya ya tentu saja dengan membantu dalam memberikan kredit pada UMKM,” ujarnya, sebelum melepas peserta ’Gowes Bersama BPR’ di halaman Bank Indonesia Jalan Imam Bardjo Semarang, Minggu (25/5) pagi kemarin.
Ia menjelaskan maksud dari jemput bola ini untuk lebih menjalin kedekatan secara kekeluargaan pada nasabah. Termasuk halnya dalam pemberian bunga kredit, karena sasaran mereka adalah UMKM bunga kredit pun berbeda dengan bank umum.
Menurutnya, hal ini merupakan strategi yang saat ini tepat dilakukan. Mengingat persaingan antarlembaga keuangan sekarang ini cukup tinggi. Tak hanya BPR saja yang menyasar penyaluran kredit mikro, bank umum pun kini memiliki program tersebut. ”Jadi kita yang harus mengetahui keinginan nasabah. Yaitu dengan mendekatkan diri ke masyarakat dan mempertahankan nilai bunga kredit BPR yang ada sekarang ini,” ungkapnya.
Sementara itu cara lain untuk mendekatkan diri BPR ke masyarakat adalah dengan menggelar acara sepeda santai ’Gowes Bersama BPR’ yang dilaksanakan serentak di enam komisariat di Jateng. Sebanyak 263 yang terbagi di masing-masing komisariat menyelenggarakan acara serupa. Adapun enam komisariat itu di antaranya, Semarang, Tegal, Kedu, Pati, Banyumas, dan Solo. (dna/smu/ce1)