Ajak Warga Waspadai Pedofilia

299

WONOSOBO – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kelurahan Jlamprang Wonosobo mengajak warga untuk mewaspadai bahaya pedofilia. Sebab, anak-anak rentan menjadi korbannya. Pelaku kejahatan bisa beraksi di mana saja. Pelakunya, bisa saja orang terdekat.
Ajakan untuk mewaspadai bahaya pedofilia, dilakukan oleh puluhan anggota KIM Jlamprang. Mereka menyebarkan brosur dan menempelkan ratusan striker di rumah-rumah warga dan tempat publik. Seperti warung dan papan majalah dinding.
Koordinator KIM Jlamprang Hasan mengatakan, kasus pedofilia yang terungkap, tempat kejadian perkaranya memang jauh dari Wonosobo. Seperti pelaku Emon yang beroperasi di Sukabumi. Kemudian di JIS, dan kasus pedofilia disertai pembunuhan terhadap korbannya 14 anak yang dilakukan oleh Babe Baikuni pada 2010 lalu di Jakarta.
“Namun, hal itu bukan berarti masyarakat yang tinggal jauh dari wilayah di atas lantas berpendapat bahwa pedofilia tidak mungkin mengancam wilayah di sekitarnya. Pelaku bergentayangan di mana-mana.”
Dikatakan,  mungkin saja pelaku pedofilia berada di lingkungan masyarakat Wonosobo. Untuk itu, demi melindungi anak-anak tercinta sebagai generasi penerus bangsa, ada baiknya semua elemen masyarakat waspada.
“Mengenali secara dini gejala-gejala timbulnya tindakan pedofilia seperti keakraban berlebih antara dua anak atau lebih dengan beda usia cukup mencolok sekitar 5 tahun atau lebih perlu dilakukan.”
Jika masyarakat mendapati pemandangan semacam itu, ada baiknya selalu diawasi dengan seksama di sela-sela kesibukannya, demi menekan risiko terjadi korban pedofilia lebih banyak lagi. (ali/lis)