Bersaing Mengharumkan Nama Sekolah

335

MAGELANG-Kegiatan foundation Kejuaraan Bulutangkis Beregu Antar SD/MI se-Kota Magelang bergulir mulai Jumat (30/5) hari ini, di GOR Samapta, Sanden, Kota Magelang. Pertandingan yang akan dimulai pukul 08.00, rencananya diawali upacara pembukaan.
Apel pembukaan akan dipimpin oleh Ketua Pengprov PBSI Jawa Tengah, Muhammad Anwari. Selain sebagai sarana pembinaan pebulutangkis muda, ajang ini, untuk meraih tropi juara bagi para peserta, sekaligus mengharumkan nama sekolah.
Ketua Pengkot PBSI Kota Magelang Soekarsono menuturkan, kejuaraan tersebut menjadi kesempatan emas para atlet untuk menimba pengalaman bertanding sebanyak-banyak. Juga, untuk menambah prestasi.
“Bagi pihak sekolah, mereka dapat motivasi untuk terus meningkatkan pembinaan olahraga badminton di lingkungan sekolah. Tidak dipungkiri, masih banyak sekolah yang belum memiliki kegiatan ekstra olahraga bulutangkis di lingkungan sekolah,” paparnya.
Ketua Bidang Pembinaan Daerah Wilayah Kedu Pengprov PBSI Jateng itu mengemukakan, masing-masing sekolah diharapkan hadir untuk mendukung timnya yang sedang bertanding. Atau, bagi yang belum mampu bertanding, paling tidak kehadiran mereka menjadi pelecut untuk aktif di bidang olahraga.
“Harapan kami ke depan, semua sekolah di Kota Magelang dapat mengirimkan siswanya dalam kompetisi bergengsi ini. Tidak perlu berkecil hati kalau kalah. Keterlibatan mereka di sini juga akan mengasah mental siswa untuk siap berkompetisi dan menerima hasil kalah maupun menang,” ungkap Soekarsono.
Panitia kejuaraan, Kukuh Santoso menambahkan, perwakilan semua tim diwajibkan hadir sebelum kegiatan mulai. Sebab akan ada pengarahan yang diberikan pihak panitia.
“Kejuaraan ini penting bagi proses pembinaan atlet-atlet muda. Apalagi akan berlangsung keempat kalinya di Kota Magelang. Diharapkan bisa menjadi contoh bagi kota lain yang belum bisa menyelenggarakan even ini.”
Setiap tim peserta, jelas Kukuh, terdiri atas dua hingga tiga pemain. Masing – masing dikelompokkan menurut kategori putra dan putri. Mengenai jadwal pertandingan, hari pertama akan memainkan babak penyisihan. Yakni, mempertemukan tim-tim non-unggulan. Adapun para pemain kategori seeded unggulan, baru akan turun pada hari kedua.
Dari data panitia, kejuaraan Djarum Foundation Kejuaraan Bulutangkis Beregu Antar SD / MI se-Kota Magelang diikuti 43 tim dari 35 sekolah. Menurut Kukuh, jumlah tim yang ikut kali ini, lebih sedikit dibanding pada 2013 lalu. Ketika itu, mencapai 51 tim dari 45 sekolah. “Tapi hal itu tidak menjadi masalah, karena kami perkirakan pertandingan akan tetap seru untuk diikuti dan ditonton.”
Beberapa sekolah yang akan meramaikan kejuaraan tahun ini juga tidak jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tim–tim yang selama ini mampu bersaing hingga babak empat besar, semuanya kembali tampil.
“Tim unggulan kelompok putra SD Magelang VI dan SD Tarakanita. Sementara di bagian putri kelompok putri ada SD Tarakanita dan Pantekosta. Prestasi SD Tarakanita tahun lalu sangat menonjol karena meraih gelar juara putra dan putri. Mereka sekolah pertama yang mampu menyandingkan dua gelar ini,” pungkasnya. (fiq/adv/isk)