Juga Periksa Saksi Penerima

271

LEMPONGSARI–Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jateng mendesak Kejagung segera menetapkan tersangka kasus dugaan penyimpangan pengadaan mobil pemadam kebakaran (damkar) oleh Kemendagri tahun 2003-2005.
Sekretaris KP2KKN Jateng, Eko Haryanto menyatakan, penyelidikan kasus tersebut di Jateng terhitung lamban, dibanding daerah lain yang sudah masuk penyidikan. “Di daerah lain, beberapa gubernurnya bahkan sudah jadi tersangka. Kenapa di Jateng baru belakangan disidik,” ucapnya.
Eko membeber, kasus itu sebelumnya ditangani penyidik KPK. Namun, kini dilimpahkan ke Kejagung. Ia berharap KPK terus berkoordinasi dan supervisi.
“Kasus ini melibatkan pihak pemerintah pada saat itu. Sebab dasarnya kasus ini karena ada penunjukan langsung,” imbuhnya.
Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Kejagung telah memeriksa 16 saksi kasus pengadaan mobil damkar, yang dananya menggunakan APBD Provinsi Jateng tahun anggaran 2003-2004. Pemeriksaan berlangsung di Kejati.Mantan Gubernur Jateng yang juga mantan Mendagri, Mardiyanto, turut diperiksa. Juga sejumlah eks pejabat lainnya. (fai/isk)