Rela Naik Taksi untuk Mencuri

379

TEMBALANG – Panik lantaran istri hendak melahirkan dan tidak memiliki biaya untuk proses persalinan, Purnomo alias Ambon, 38, warga Karang Tempel Utara Nomor 313 RT 1 RW 4, Kelurahan Karangturi, Kecamatan Semarang Timur, ini nekat mencuri. Lucunya, saat mencari sasaran, tersangka rela menyewa sebuah taksi.

Namun belum sempat menikmati hasil curiannya, dia harus mendekam di Mapolsek Tembalang. Di hadapan petugas, tersangka mengakui perbuatannya itu lantaran terdesak kebutuhan biaya persalinan. ”Saya bingung karena tak memiliki biaya untuk persiapan istri melahirkan,” ungkapnya.

Saat itu, ia kehilangan akal sehat. Sedangkan detik-detik kelahiran anak kelima, semakin dekat. Dia kemudian nekat keluar rumah dengan tujuan mencari sasaran pencurian. ”Saya naik taksi dengan ongkos Rp 40 ribu. Jaraknya kurang lebih 15 kilometer dari rumah,” katanya.

Akhirnya ia berhenti di sebuah tempat. Tepatnya di sebuah bengkel las Quares di Jalan Sinar Mas Raya, Meteseh, Tembalang Semarang. Dia mencuri sebuah ponsel jenis tablet merek Advance. ”Kejadian itu terjadi pada Selasa 20 Januari 2015 sekitar pukul 02.00,” katanya.

Ponsel tersebut sedang di-charge di dekat televisi. Purnomo mendapati itu langsung berpikir singkat untuk menyikatnya. Usai mengambil barang tersebut, Purnomo lari sembari menyembunyikan barang curiannya di dalam jaket.

Celakanya, saat dia lari, justru bertemu dengan petugas polisi yang sedang patroli. Mendapati itu, petugas tersebut langsung curiga. Benar saja, saat digeledah, petugas tersebut menemukan tablet di dalam jaket. Diketahui tidak bisa menjelaskan asal-usul tablet secara jelas, ia langsung digelandang ke Mapolsek Tembalang untuk diperiksa lebih lanjut. Setelah dicecar berbagai pertanyaan, ia akhirnya mengakui bahwa barang tersebut hasil pencurian.

Kapolsek Tembalang, Kompol Priyo Utomo mengatakan, pencurian ini bermotif ekonomi. Tersangka mengaku kebingungan butuh uang karena istrinya hendak melahirnya. ”Namun demikan, tersangka telah terbukti melakukan tindak pidana Pasal 362 KUHP,” kata Priyo. (amu/zal/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.