Beli HP di Facebook, Rp 9 Juta Amblas

419

BARUSARI – Berhati-hatilah ketika ingin membeli barang melalui sistem online, jika tidak bernasib apes seperti Arian Nugrahaeni,24, warga Ngaglik Lama Nomor 23 RT 2 RW 1, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Gajahmungkur, ini. Bermaksud membeli handphone dengan harga miring melalui jual beli online, tapi justru tertipu.

Harga murah tidak didapat, malah uang Rp 9 juta amblas. Penipuan ini terjadi sejak Rabu 28 hingga 31 Januari. Selama itu, korban telah berkomunikasi dan bertransaksi dengan pelaku. Namun ia baru sadar belakangan telah tertipu dan kemudian melapor kepada pihak berwajib.

”Awalnya saya tertarik membeli handphone yang diiklan di jejaring sosial Facebook. Harganya lebih murah dibanding di pasaran,” kata Ariani kepada petugas Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang, Minggu (1/2).
Ariani kemudian menghubungi nomor telepon yang tertera di halaman Facebook jual beli online itu. ”Saya berbicara dengan seorang laki-laki mengaku bernama Agus Supriyanto warga Sumatera,” katanya.

Setelah terjadi perbincangan dan tawar-menawar, korban diminta untuk mentransfer uang pembelian. Anehnya, korban menuruti pelaku dengan mengirim hingga totalnya Rp 9.550.000. ”Uang tersebut saya kirim secara bertahap melalui ATM BNI Cabang SPBU Gajahmungkur dan JNE Kyai Saleh Semarang,” katanya.

Pelaku menggunakan nomor Rekening BNI 0308116268 atas nama Eko Suryatno dan Rekening 0363615183 atas nama Nur Komalasari, serta Rekening BRI 015201013188535 atas nama Agus Gunawan.

Usai uang tersebut dikirim, pelaku meminta korban untuk menunggu barang akan dikirim. Namun setelah melewati batas waktu yang dijanjikan, ternyata barang tersebut tidak kunjung datang. ”Sampai sekarang handphone itu tidak dikirim,” ujarnya.
Sejak saat itu, Ariani baru tersadar telah ditipu. Namun semuanya telah telanjur. Uang miliknya tidak diketahui nasibnya. Sedangkan penjual online yang mengaku bernama Agus Supriyanto pun tak diketahui keberadaannya. Ariani kemudian melaporkan kejadian tersebut dengan Pasal 378 KUHP dengan Tindak Pidana Penipuan. (amu/zal/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.