Penemu Arca Terima Kompensasi

437

SALATIGA-Penemu Arca Siwa jenis Nandiswara, Muhadi, warga Gedongan RT/RW 2 Kecandran Sidomukti mendapatkan penghargaan dan kompensasi penemuan benda bersejarah dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, Jumat (30/1) kemarin.

Penyerahan tersebut dilakukan di Kantor Dinas Perhubungan Komunikasi Budaya dan Pariwisata (Dishubkombudpar) Salatiga oleh perwakilan BPCB Jateng kepada Muhadi yang disaksikan langsung oleh Kepala Dishubkombudpar Salatiga, Adhi Suprapto dan Lurah Kecandran Hari Bejono.

Kabag Tata Usaha BPCB Jateng, Siti Rohyani yang menyerahkan langsung penghargaan tersebut kepada Muhadi, mengungkapkan bahwa pihaknya mengapresiasi langkah Muhadi yang secara sadar melaporkan penemuan arca peninggalan abad IX tersebut.

Siti menambahkan, kompensasi yang diterima Muhadi sesuai jenis benda bersejarah yang ditemukan adalah sebesar Rp 1,5 juta. Terkait hal ini, BPCB akan melakukan pendalaman guna mengetahui asal usul Arca Nandiswara, apakah nantinya ada benda-benda terkait yang ada di sekitar penemuan arca. “Kami mengapresiasi langkah yang bersangkutan untuk secara sadar melaporkan penemuan arca tersebut,” terang Siti.

Disinggung mengenai status arca tersebut, Siti mengatakan, Pemkot Salatiga berhak sewaktu-waktu meminta arca tersebut untuk dibawa kembali ke Salatiga apabila sudah memiliki museum. “Selain Salatiga, sejumlah kota dan kabupaten di Jawa Tengah belum memiliki museum, lantaran keterbatasan keberadaan ahli sejarah,” katanya.

Sementara itu, Muhadi mengaku menerima kompensasi tersebut dan menyerahkan sepenuhnya arca hasil temuannya kepada BPCB Jateng. (sas/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.