Sosialisasikan Penggunaan Obat yang Benar

330

SEMARANG – Pemakaian obat-obatan harus dilakukan secara baik dan benar. Sehingga manfaat yang dihasilkan dapat dirasakan secara maksimal. Karenanya perlu dilakukan sosialisasi secara terus menerus tentang bagaimana cara pakai, penyimpanan, dan pemberian dosis yang tepat.

Hal itu diungkapkan Farmasi Manager Kimia Farma Sultan Agung Semarang, Ricky Fabiano usai menyampaikan kegiatan Home Care di hadapan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di kompleks Gubernuran Semarang, Selasa (3/2).

Dia menjelaskan, banyak yang belum memahami tentang pemakaian obat yang benar. Sebagian besar dari mereka masih mengumpulkan obat menjadi satu setelah makan. Padahal, ada beberapa obat yang justru harus diminum sebelum makan. Selain itu, penyimpanan obat juga tidak boleh dilakukan sembarangan. ”Yaitu harus terhindar dari kelembaban dan terlindung dari sinar matahari,” imbuhnya.

Karena alasan itulah, program Home Care sengaja diluncurkan. Tujuannya untuk memberikan edukasi dan pemahaman terhadap masyarakat tentang penggunaan obat yang baik. Melalui layanan call center 1-500-255, masyarakat dapat langsung berinteraksi langsung dengan apoteker sekaligus berkonsultasi untuk mendapatkan solusi kesehatan. ”Semuanya gratis alias tidak dipungut biaya,” imbuh Ricky.

Pihaknya mengklaim telah memiliki sumber daya manusia (SDM) yang cukup untuk menunjang hal tersebut. Bahkan, ia mengklaim kegiatan kampanye penggunaan dan cara pakai obat-obatan itu sudah dilakukan sejak lama dan akan terus dikembangkan untuk memberikan pelayanan optimal. ”Salah satunya adalah sosialisasi melalui website,” terangnya.

Sementara itu, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyatakan dukungannya secara positif. Ia bahkan mendorong untuk menggunakan media sosial seperti Twitter dan Facebook dalam melakukan sosialisasi dan kampanye kepada masyarakat. Pasalnya, media tersebut dinilai paling cepat dan mampu menjangkau semua lapisan masyarakat. (fai/ric/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.