52 Tim Siap Bertanding

401

KAJEN – Sebanyak 52 tim sepakbola pelajar di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pekalongan telah siap tempur dalam Liga Pendidikan Indonesia (LPI) 2015. Kegiatan yang digelar mulai 5 Februari hingga 16 Februari 2015 itu diikuti oleh 25 tim di tingkat SMP/MTs dan 27 tim tingkat SMA/SMK/MA.

Mereka akan memperebutkan Piala Bergilir LPI tahun 2014. Kepala Dindikbud, Umaidi mengatakan, perebutan piala bergilir Bupati Pekalongan tersebut merupakan salah satu pendidikan karakter. “Selain untuk kesehatan, sepakbola itu juga menjadi salah satu ajang pendidikan karakter. Karena di dalamnya terkandung banyak nilai seperti kerjasama, sportivitas, fair play dan lain-lain,” ungkapnya, Jumat (6/2).

Umaidi menambahkan, dalam pembukaan yang akan dilaksanakan di Stadion Widya Mangga Krida, Kedungwuni, tim pembuka adalah SMP Negeri 2 Wiradesa melawan SMP Negeri 2 Wonokerto. Kemudian SMKN 1 Kedungwuni vs SMKN Karangdadap. “Pembukaannya Kamis sore, minggu depan,” kata kepala dinas yang juga pecinta sepakbola itu.

Menurutnya, sepakbola pelajar di Kabupaten Pekalongan telah menunjukkan grafik yang meningkat. Untuk tingkat SMK telah menempati peringkat 8 Jawa Tengah, dan tingkat SMP menempati peringkat 4 Jawa Tengah. “Ini juga untuk bibit-bibit baru yang nantinya bisa mengharumkan nama Kabupaten Pekalongan. Seperti Persekap yang telah menembus 12 besar nasional walaupun gagal menuju divisi utama,” ungkapnya. Maka dari itu, para kepala sekolah diminta meningkatkan pembinaan ekstrakurikuler. Sebab, kematangan seseorang banyak dihasilkan dengan kegiatan di luar sekolah.

Panitia LPI, Tribudi Hartono mengatakan, LPI 2015 ini bertema “Optimalisasi Pembinaan Pemain Lokal Menuju Prestasi Nasional”. Diantaranya untuk menyeleksi tim yang bakal mewakili LPI Piala Gubernur. “LPI juga untuk mengevaluasi sejauhmana pembinaan ekstrakurikuler di satuan pendidikan baik SMP/MTs maupun SMA/SMK/MA,” ungkapnya.

Sebanyak empat lokasi, telah disiapkan untuk perhelatan itu. Yakni Stadion Widya Manggala Krida Kedungwuni, Lapangan Desa Tangkil Kulon, Lapangan Desa Pagumenganmas dan Lapangan Desa Rejosari Bojong. Dalam satu hari, empat pertandingan digelar mulai pukul 07.00 – 10.00 dan pukul 14.00 – 17.00.

“Kami telah menyiapkan, penghargaan berupa piala tetap, piala bergilir dan uang pembinaan. Juara I, ada piala bergilir, Piala Tetap dan uang pembinaan sebesar Rp 5 juta. Juara II, piala tetap dan uang pembinaan sebesar Rp 1 juta, sedangkan untuk juara III, piala tetap dan uang pembinaan Rp 500 ribu. “Ada juga untuk pemain terbaik dan top scorer, berupa piala tetap dan uang pembinaan masing-masing sebesar Rp 250 ribu,” bebernya. (hil/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.