PKB Simpan Rapat Bakal Calon

323

SEMARANG – Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang rencananya dilaksanakan secara serentak di sejumlah daerah di Jawa Tengah akhir tahun ini menjadikan beberapa partai politik mulai sibuk mempersiapkannya. Tak terkecuali Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang diketahui secara diam-diam telah melakukan konsolidasi antar pengurusnya.

”Kemarin rakor (rapat koordinasi) sudah. Kami juga telah memerintahkan masing-masing daerah untuk membuat desk pilkada. Saat ini masih dalam proses penjaringan bakal calon,” ungkap Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Tengah KH Yusuf Chudlori usai bersilaturrahmi dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Jumat (6/2).

Pria yang akrab disapa Gus Yusuf ini mengaku tengah melakukan pemetaan menyangkut kesiapan dari para kader dan tokohnya di beberapa daerah. Hal itu bertujuan mengetahui perkembangan terakhir kekuatan basisnya. ”Yang jelas dalam pilkada nanti, PKB ingin memaksimalkan semuanya,” ungkapnya.

Disinggung daerah mana saja yang ditargetkan untuk memenangi pilkada, dia menolak membeberkannya. Hal yang sama juga diungkapkan saat ditanya nama-nama bakal calon Bupati/Wali Kota atau wakilnya yang direkomendasikan. Ia berdalih masih dalam proses pembahasan. ”Pertengahan Februari ini sudah dapat diketahui,” imbuhnya.

Terkait wacana pelaksanaan pilkada yang diundur hingga Februari 2016, Yusuf menyatakan tetap mengikuti. Menurutnya, ada sisi positif dan negatif dengan hal tersebut. ”Di satu sisi kita sangat bersyukur karena waktunya lebih panjang sehingga persiapan lebih matang. Namun, di sisi lain tentu menambah pekerjaan karena jumlah pilkada yang digelar semakin banyak,” ujarnya.

Sebelumnya, Gus Yusuf menyatakan bahwa PKB tidak menutup kemungkinan untuk melakukan koalisi dengan partai lain dalam mengusung calon. Hanya saja, ia tetap memprioritaskan bersama dengan partai-partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Sebab, dengan cara itu akan ada sinergitas dalam mengawal program-program Presiden Joko Widodo hingga ke daerah.

”Namun, terkadang kondisi di lapangan tidak seperti yang diharapkan. Kami tetap membuka komunikasi dan tidak menutup diri dengan partai-partai di luar KIH,” imbuhnya seraya menegaskan calon yang diusung dari kader NU. (fai/ric/ce1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.