Pabrik Pengolah Ayam Diprotes

367

SALATIGA-Polusi bau yang diduga ditimbulkan oleh kebocoran limbah dari pabrik PT Charone Pokphan Indonesia (CPI), dikeluhkan ratusan warga. Terutama warga di kapling Pager Indah dan Sinar Patimura di Dukuh Purwosari RT 04 RW 04, Kelurahan Bugel, Salatiga.

Belasan perwakilan warga, Selasa (10/2) kemarin, mendatangi pabrik pengolah daging ayam tersebut. Pasalnya, kasus kebocaran pernah terjadi sebelumnya.

Salah seorang warga kapling Pagar Indah, Budianto, 45, mengatakan, warga merasakan bau menyengat seperti bau gas amoniak, Senin (9/2) sore kemarin. Dari pukul 17.15 warga sudah mencium bau tak sedap. Dan bau itu baru hilang sekitar pukul 18.30. “Jadi setelah menghirup bau menyengat, warga mengalami sesak nafas, mata perih serta tenggorokan sakit,” ujarnya.

Karena bau tersebut, warga terpaksa menggunakan masker penutup mulut, karena tidak kuat menghirupnya. Bahkan ada dua warganya, yaitu Mahesa (5 bulan) dan Ny Nining yang terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena mengalami sesak nafas dan mata merah.

Sementara itu, Ketua RT 04 RW IV Kapling Pager Indah, Tedi Haryono, 58, mengatakan, polusi bau yang ditimbulkan pabrik tersebut sudah berkali-kali terjadi. “Dulu baunya kotoran ayam, warga protes ke pabrik. Kemudian bau itu hilang. Dan Senin sore kemarin (9/2) muncul lagi dengan aroma yang lebih menyengat seperti amoniak,” ujarnya.

Tedi yang ikut mendatangi PT CPI bersama warga lainnya mengatakan, hasil dari dialog warga dengan pihak manajemen pabrik dan Kantor Lingkungan Hidup (LH) Kota Salatiga, tidak memuaskan warga. Karena pihak pabrik tidak memberikan jawaban yang memuaskan warga. “Kami disuruh menunggu, padahal yang kami butuhkan solusi. Bagaimana polusi itu nantinya tidak terulang kembali. Jika terulang kembali warga minta pabrik itu ditutup,” tandasnya.

Sementara itu, pihak manajemen PT CPI belum bisa dikonfirmasi. Wartawan tidak diperkenankan masuk ketika hendak meliput warga yang mendatangi pabrik tersebut. (sas/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.