Pasar Kamera Digital Lesu

351

SEMARANG – Awal tahun ini pasar kamera digital mengalami kelesuan. Penjualan menurun hampir 50 persen dari akhir tahun lalu.

“Tren penjualan kamera digital memang akhir tahun melonjak, kemudian Januari sampai Maret menurun,” ujar salah satu distributor kamera digital, Fredy Hartoyo, kemarin (10/2). Menurutnya, penjualan kamera digital akhir tahun melonjak karena banyak masyarakat yang liburan dan merayakan tahun baru. Sehingga banyak yang membeli kamera digital untuk mengabadikan momen tersebut. “Dari tahun ke tahun, memang untuk bulan Januari–Maret turun, nanti pas musim liburan Mei–Juni penjualan naik, Agustus–September sepi lagi, baru kemudian mendekati akhir tahun penjualan kembali naik,” ujarnya.

Sedangkan untuk jenis kamera digital yang banyak diminati sebagian besar yang berada di kisaran harga Rp 1 juta. Kisaran tersebut dinilai cukup terjangkau oleh masyarakat. “Kebanyakan carinya yang di kisaran Rp 1 juta. Sedangkan untuk pasar high end, lebih mengarah ke kamera digital yang mirrorless,” ujarnya.

Dengan harga yang terjangkau ini lanjutnya, pasar kamera digital masih tetap eksis di tengah maraknya telepon seluler yang juga menyediakan fasilitas kamera. “Tidak dipungkiri, smartphone saat ini sangat gencar. Namun dengan harga kamera digital Rp 1 juta hasil yang didapat lebih baik bila dibanding smartphone Rp 5juta -an. Karena itu kamera digital tetap masih banyak yang mencari,”ujarnya.

Sedangkan untuk mengatasi kelesuan yang terjadi di awal tahun ini, ia mengadakan berbagai program untuk pelanggan. Diantaranya memberikan diskon maupun tawaran menarik lainnya. “Kita juga gencar berikan diskon,” ujarnya. (dna/ric)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.