Hari ini, Alex Komang Dimakamkan di Jepara

323

SEMARANG – Aktor senior Alex Komang tadi malam meninggal dalam perawatan dokter RSUP dr Kariadi Semarang. Belum diketahui pasti penyakit yang diderita aktor kelahiran Jepara, 17 September 1961 ini. Kabarnya, bintang film Laskar Pelangi ini menderita kanker hati. Namun keponakan Alex, Izar Fauzi, saat ditemui Radar Semarang di RSUP dr Kariadi, Jumat (13/2), mengatakan, kalau pamannya menderita penyakit Hepatitis B akut.

Menurut keterangan dari Izar, sebelum meninggal sekitar pukul 20.05 tadi malam, kondisi Alex kian menurun. Sebelumnya, Alex Komang sudah pernah dilarikan ke Rumah Sakit Islam (RSI) Cempaka Putih Jakarta pada Desember 2014. Namun kala itu ia hanya mengaku mengalami dehidrasi.

Izar mengatakan, pamannya dibawa ke RSUP dr Kariadi pada Kamis (12/2) sore lalu, setelah sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Islam Cempaka Putih Jakarta. Menurut Izar, alasan Alex dirawat di RSUP dr Kariadi Semarang agar lebih mudah dijangkau keluarga yang ada di Jepara. “Dibawa ke Semarang biar dekat keluarga,” ujar Izar.

Jumat siang, terlihat pihak keluarga aktor Alex mulai berdatangan ke rumah sakit tipe A yang terletak di Jalan Dr Sutomo, Semarang tersebut. Namun keluarga belum bisa memublikasikan secara lebih detail terkait kondisi Alex yang dirawat di Paviliun Garuda kamar 428 itu. Izar hanya mengatakan kalau pamannya sakit Hepatitis B. “Kondisi saat ini, mari kita doakan saja,” kata Izar beberapa jam sebelum sang paman meninggal.

Terkait penyakit yang diderita Alex, Izar mengungkapkan perawatan sudah dilakukan sejak Desember 2014, dan ternyata penyakit tersebut sudah ada sejak lama. “Kalau yang dirasakan saya tidak tahu, tapi sudah lama, mungkin sejak usia muda. Saya sendiri tahunya pas pengobatan akhir-akhir ini, sebelumnya tidak pernah diobati,” tuturnya.

Izar menambahkan, Alex memang sempat berpesan agar penyakitnya jangan diekspos ke media. Karena itu, dirinya berkali-kali meminta maaf kepada awak media karena belum mengizinkan untuk mengambil gambar dan memberi keterangan lebih lanjut.
Direktur Umum dan Operasional RSUP dr Kariadi Semarang, dr Darwito, mengatakan, pasien bernama asli Saifin Nuha itu mengeluhkan sakit perut yang kronis. Di RS, yang bersangkutan sempat ditangani dokter gastroenterologi atau ahli penyakit dalam. “Keluhan penyakit perut kronis. Ada tiga dokter yang menangani,” tandas Darwito.

Sekitar pukul 22.40 tadi malam, Alex Komang dibawa dari ruang perawatan dengan ditandu 4 orang. Terlihat istri dan dua anaknya, serta beberapa orang dari pihak keluarga. Jenzah Alex langsung dimasukkan mobil ambulans juga sudah siap di parkiran RS. Selanjutnya jenazah salah satu murid Teguh Karya ini dibawa ke kampung halamannya di Pecangaan, Jepara. Rencananya, pemakaman peraih aktor terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) 1987 ini akan dilakukan Sabtu (14/2) hari ini di Jepara. Alex meninggalkan seorang istri dan dua anak. (ewb/aro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.