Angkat Kopi Indonesia

416

SEMARANG–Indonesia dinilai memiliki potensi yang cukup besar di sektor komoditi kopi. Kendati demikian, keunggulan tersebut belum cukup dikenal oleh masyarakat.

Filosofi Kopi, sebuah film garapan Angga Dwimas Sasongko mencoba mengangkat keunggulan kopi-kopi khas Indonesia. Dibalut dalam kisah persahabatan dan percintaan, film yang akan rilis pada April mendatang ini diharapkan memberikan pemahaman pada masyarakat, mulai dari sejarah, proses hingga akhirnya kopi dapat dinikmati.

“Arahnya film ini tidak hanya sekedar film, tapi bisa menggerakkan masyarakat untuk peduli pada kopi. Karena kita memiliki bonus yang luar biasa akan komoditi ini, tapi sayangnya orang Indonesia sendiri banyak yang belum sadar,” ujar produser film Filosofi Kopi Handoko Hendroyono saat Coffee Trip to Semarang, kemarin (15/2).

Riset baik dari produser hingga para pemain juga dilakukan sebelum film yang diadaptasi dari novel Dewi ‘Dee’ Lestari mulai dibuat. Bahkan Jullie Estelle sempat mengikuti kelas khusus dari ahli kopi untuk dapat lebih menghayati perannya.

“Dalam film ini saya berperan sebagai foodblogger dari Prancis. Untuk bisa menggali emosi dan juga tepat dalam berperan, saya secara khusus belajar tentang kopi, dari sejarah hingga proses penyeduhan,” ujar perempuan yang berperan sebagai El ini.

Menurutnya, hal tersebut sangat menarik. Banyak hal-hal baru yang ia dapati saat mengikuti kelas khusus tersebut hingga proses pembuatan film. “Pastinya membuat kita lebih menghargai kopi Indonesia,”ujarnya.

Handoko menambahkan, latar pengambilan gambar tak hanya di coffee shop, namun juga merambah ke perkebunan kopi. Meski tidak terlalu banyak, namun menurutnya dapat menggambarkan proses awal dari minuman kopi.

“Kami juga harus bisa menghargai petani kopi kita. Karena itu kita munculkan juga. Harapannya masyarakat jadi lebih mengerti dan menghargai komoditi tersebut,”ujarnya.

Dengan kolaborasi dengan berbagai pihak, Handoko yakin, film yang dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Rio Dewanto ini akan sukses di pasaran. “Kami menggandeng banyak pihak, jadi harapannya banyak diminati,” tandasnya. (dna/ida)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.