Jumlah Peserta BPJS Ketenagakerjaan Terus Meningkat Signifikan

424
MENDAFTAR: Salah seorang pedagang di kawasan Jalan WR Supratman, tengah mencari tahu tentang BPJS Ketenagakerjaan. (IST)
MENDAFTAR: Salah seorang pedagang di kawasan Jalan WR Supratman, tengah mencari tahu tentang BPJS Ketenagakerjaan. (IST)
MENDAFTAR: Salah seorang pedagang di kawasan Jalan WR Supratman, tengah mencari tahu tentang BPJS Ketenagakerjaan. (IST)

SEMARANG – Lonjakan kenaikan jumlah peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS) Ketenagakerjaan di tahun ini, terlihat cukup signifikan.

Mohamad Irfan Kepala Bidang Pemasaran BPJS Ketenagakerjaan Semarang 1 mengungkapkan, total kenaikan jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan di wilayahnya mencapai angka 120 persen. Dengan rincian di tahun 2014 lalu target jumlah perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 596 dan tercapai 716 perusahaan. Sedangkan hingga Januari tahun ini jumlah perusahaan peserta sudah ada sebanyak 3.500 perusahaan. “Hingga akhir tahun kami menargetkan dapat menambah jumlah perusahaan baru peserta BPJS Ketenagakerjaan sebanyak 1.735 perusahaan,” jelas Irfan.

Sedangkan untuk jumlah tenaga kerja aktif hingga saat ini ada sebanyak 217 ribu tenaga kerja formal dan 34 ribu tenaga kerja informal. “Kami berharap bisa menambah jumlah tenaga kerja formal sebanya 189 ribu orang dan tenaga kerja informal sebanyak 34 ribu hingga akhir tahun,” jelasnya.

Salah satu upaya yang dilakukan BPJS Ketenagakerjaan, untuk mencapai target kepesertaan tersebut adalah dengan aktif menggelar event “Kampanye Tanya Saya” yang dilaksanakan setiap bulan di minggu ke 2. Lokasi yang dipilih sebagai pelaksanaan event adalah pusat-pusat keramaian seperti pasar, mall, centra ekonomi, car free day dan lain-lain. “Dengan menggelar event di pusat keramaian, kami berharap bisa semakin banyak melibatkan masyarakat, seperti pedagang, pekerja dan lainya, untuk memperoleh informasi tentang BPJS Ketenagakerjaan. Di mana masyarakat bisa bertanya apapun tentang BPJS Ketenagakerjaan. Target kami dari 10 orang yang ditanya tentang BPJS Ketenagakerjaan, sebanyak 8 orang tahu BPJS Ketenagakerjan dan 5 orang sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan,” ungkapnya.

Selain itu, bagi 20 pendaftar pertama sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan di event “Kampanye Tanya Saya”, yang digelar di halaman kantor kesehatan pelabuhan Jalan WR Supratman, kemarin, bisa mendapatkan stimulus iuran gratis 1 bulan. Tidak hanya itu, mereka yang sudah menjadi anggota BPJS Ketenagakerjaan juga dapat melakukan cek saldo Jaminan Hari Tua (JHT), juga ada booth untuk selfie dimana pengunjung yang berfoto selfie dan mengirimnya ke @BPJSTKInfo akan mendapatkan souvenir menarik. “Kami juga menggelar quis dengan banyak doorprize menarik,”terangnya.

Meski demikian bagi masyarakat ingin memperoleh kemudahan mendapatkan info layanan BPJS Ketenagakerjaan dapat menggunakan HP untuk download aplikasi BPJS TK Mobile yang berisi informasi berbagai program BPJS Ketenagakerjaan, kantor cabang di seluruh Indonesia, cek saldo dan lain-lain. (eny/adv/smu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.